Siaga Corona Covid-19, Wamendes Imbau Warga Desa Siapkan Lumbung Pangan

Ada beberapa hal yang harus disiapkan selama masa siaga Corona Covid-19, salah satunya pengadaan lumbung desa.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Apr 2020, 18:09 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2020, 18:09 WIB
Ilustrasi padi
Ilustrasi padi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya pengurangan potensi penularan Corona Covid-19, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengimbau masyarakat, terutama yang berada di desa untuk ikut melakukan social distancing.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan selama masa siaga Corona Covid-19, salah satunya pengadaan lumbung desa. Menurut Budi, aktivasi dan gerakan lumbung desa, setidaknya untu 14 hari ke depan.

"Caranya dengan mengumpulkan cadangan pangan, seperti beras, telur, daging. Kemudian, membangun jejaring informasi lumbung pangan desa dan antardesa," ujar Budi dalam keterangan resminya, Rabu (1/4/2020).

Kedua, dia melanjutkan, perlunya membangun semangat gotong-royong dan kesetiakawanan sosial dengan cara mengumpulkan cadangan pangan di desa atau RT/RW. Ajak yang memiliki kelebihan pangan untuk menyumbang ke lumbung pangan.

Kemudian, mendata dan melindungi kelompok rentan, seperti warga yang lanjut usia dan tidak memiliki mata pencaharian atau bermatapencaharian tidak tetap.

"Pastikan semua warga tetap di rumah dan saling bantu untuk penyediaan makanan. Lindungi, pantau, dan kunjungi yang sakit. Laporkan dan segera mengambil tindakan," ujar

Terakhir, dia menambahkan, perlunya membangun kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dengan membentuk satgas Corona COVID-19 di tingkat desa/dusun/RW/RT.

"Babinsa, TNI, polri, tokoh agama, tokoh masyarakat keliling operasi untuk memastikan seluruh masyarakat menjalankan protokol," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya