Kabar Baik dari Bali, 81 Orang Sembuh dari Corona COVID-19

Sementara yang positif bertambah 7 orang, total 193 pasien.

oleh Dewi Divianta diperbarui 28 Apr 2020, 00:41 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2020, 23:30 WIB
Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra
etua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Liputan6.com, Denpasar - Kabar baik kembali datang dari Pulau Bali. Sebanyak 6 orang yang sebelumnya dinyatakan positif terjangkit Virus Corona atau COVID-19 telah dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, total akumulatif hingga hari ini, Senin (27/4/2020), pasien yang sembuh dari paparan Virus Corona COVID-19 sebanyak 81 orang.

"Kabar baik saya sampaikan ada yang sembuh sebanyak 6 orang. Mereka adalah 5 orang PMI (Pekerja Migran Indonesia) dan 1 orang yang terjangkit karena transmisi lokal," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat memberi keterangan resmi, Senin (27/4/2020).

Di sisi lain, Dewa Made Indra memaparkan jika hari ini pula terjadi pertambahan lagi kasus mereka yang positif terjangkit Virus Corona COVID-19 sebanyak 7 orang.

"Mereka ini adalah WNI, di mana 6 orang di antaranya masuk kategori imported case dan 1 orang dari daerah terjangkit. Sampai hari ini jumlah akumulatif positif Covid-19 sebanyak 193 orang, terdiri dari 8 orang WNA dan 185 WNI," tutur dia.

Dari 185 WNI yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona COVID-19 itu, sebanyak 154 orang di antaranya terjangkit dengan kategori imported case, yakni memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. dan daerah terjangkit di Indonesia.

Ia merinci, 185 WNI yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona COVID-19 itu terdiri dari 120 orang PMI, 3 orang non-PMI namun memiliki riwayat perjalanan keluar negeri, 22 orang dari daerah terjangkit dan 40 orang transmisi lokal.

"Kalau dipersentasikan sebanyak 20,72 persen dari total yang terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari transmisi lokal. Sengaja saya jelaskan jumlah pertumbuhan kumulatif positif ini berasal dari kategori apa saja untuk menjadi perhatian kita bersama," katanya.

Untuk kasus positif yang berasal dari daerah terjangkit, Dewa Made Indra menilai data itu menunjukkan masih ada warga Bali yang tinggal di daerah terjangkit di luar Bali yang nekat kembali pulang ke Bali.

"Dan ternyata dia sudah terinfeksi di daerahnya itu sebelum pulang ke Bali. Itulah sebabnya saya mengimbau untuk tidak pulang atau mudik dulu. Kita tidak tahu pasti Anda terinfeksi atau tidak," papar dia.

Di sisi lain, Dewa Made Indra juga menyoroti terjadinya transmisi lokal yang menjangkiti sebanyak 40 orang di Bali.

"Transmisi lokal sebanyak 40 orang dan ini yang memprihatinkan. Artinya, dia berinteraksi dalam jarak dekat. Transmisi lokal bisa terjadi di rumah, di ruang publik atau rumah sakit. Upaya pencehagan ini harus kita lakukan dengan cara disiplin," ucapnya.

Sementara mereka yang masih dalam perawatan sebanyak 108 orang yang tersebar di 11 rumah sakit rujukan dan tempat-tempat karantina yang dikelola oleh Pemprov Bali.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya