Warga Palembang Akan Dapat Ribuan Paket Sembako dari Presiden Jokowi

Tidak hanya dari pemerintah daerah dan komunitas saja, warga Kota Palembang pun sebentar lagi akan dibagikan ribuan paket sembako yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

oleh Nefri Inge diperbarui 06 Mei 2020, 16:50 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2020, 14:30 WIB
Warga Palembang Akan Dapat Ribuan Paket Sembako dari Presiden Jokowi
Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengikuti Video Conference dengan Sekretaris Presiden Joko Widodo terkait pembagian bantuan sembako ke Palembang (Dok. Humas Kominfo Palembang / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Bantuan paket sembako terus mengalir untuk warga Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), yang terdampak wabah Corona Covid-19.

Tidak hanya dari pemerintah daerah dan komunitas saja, warga Kota Palembang pun sebentar lagi akan mendapatkan ribuan paket sembako, yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengatakan, dia mendapatkan informasi bantuan sembako tersebut, usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) melalui Video Conference bersama Kepala Sekretariat Presiden RI.

"Presiden Jokowi akan mendistribusikan didistribusikan paket sembako, kepada masyarakat Kota Palembang. Namun bantuan ini diberikan di luar bantuan Program Keluarga Harapan (PHK) dan bantuan yang sudah diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang," katanya, di Rumah Dinas (Rumdin) Wako Palembang, Selasa (5/5/2020).

Bantuan yang akan diberikan Presiden Jokowi, yaitu sebanyak 5.000 paket sembako ke warga Kota Palembang.

Dalam satu paket sembako tersebut, berisi 10 Kilogram beras, 1 Kilogram minyak goreng dan 1 kotak teh celup. Rencananya, ribuan paket sembako ini akan dikirim dari Ibu Kota Jakarta pada tanggal 5 Mei 2020.

"Jika nanti paketnya sudah tiba di Palembang, pembagian sembako ini akan disesuaikan dengan mekanisme yang sudah dilakukan Pemkot Palembang, seperti by name by adress," ucapnya.

Hingga saat ini, para ketua Rukun Tetangga (RK) di Kota Palembang sudah banyak mengusulkan nama warganya yang berhak menerima bantuan sembako.

Diakuinya, paket sembako yang diberikan oleh Presiden Jokowi, sangat berbeda dari bantuan yang disumbangkan oleh Pemkot Palembang. Baik berupa isi sembako maupun kemasannya.

"Semua bantuan ini harus diawasi bersama. Saya minta kita semua berperan aktif dalam pendistribusian paket sembako ini. Agar benar-benar sampai ke warga yang berhak menerimanya," katanya di Palembang.

Bantuan juga turut serta diberikan oleh Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Atas dasar peduli dengan kondisi kesehatan masyarakat sekitar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memberikan bantuan berupa wastafel portable, disinfektan, masker, hand sanitizer dan sarung tangan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Pertamina Sumbang Bantuan

Warga Palembang Akan Dapat Ribuan Paket Sembako dari Presiden Jokowi
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel membagikan bantuan berupa wastafel portable, disinfektan, masker, hand sanitizer dan sarung tangan.ke Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) III Palembang (Dok. Humas Pertamina Sumbagsel / Nefri Inge)

Sebanyak 5 unit wastafel portable, 50 botol disinfektan, 25 liter handsanitizer, 50 kotak masker bedah dan 50 pasang sarung tangan, diserahkan ke Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) III Palembang.

Region Manager Communication & CSR Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, Pertamina mempunyai tanggung jawab untuk memberikan andil dalam tindakan nyata penanganan Covid-19 ini.

"Semoga dengan bantuan ini menjadi upaya kita bersama untuk tetap waspada dan peduli akan kesehatan saat melakukan aktivitas di area publik. Serta kegiatan ini menjadi media edukasi dalam meningkatkan kesadaran kepada masyarakat, untuk rajin mencuci tangan dan memakai masker dalam kondisi Pandemi Covid-19," ujarnya.

Dia berharap, bantuan yang telah disalurkan dapat mendukung kegiatan yang ada di Lanal Palembang. Terutama dalam menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan membiasakan membersihkan wilayah kerja dan rutin mencuci tangan, serta memakai masker sesuai dengan protokol keamanan pandemi Covid-19.

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Saryanto sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19.

"Bantuan ini akan kami gunakan sebagai antisipasi penyebaran virus di wilayah kerja Lanal Palembang. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pertamina, yang telah memberi bantuan. Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan diri dan sekitar, agar wabah ini segera berakhir," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya