Syarat Gereja Sangihe Menggelar Ibadah Saat Pandemi Covid-19

Penyemprotan disinfektan dilakukan bersama dengan Relawan Kampung Marore, di Gereja GMIST Imanuel Marore, Sangihe.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 20 Jul 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2020, 20:00 WIB
Protokol yang diberlakukan adalah ketika masuk gedung ibadah warga jemaat di Sangihe antara lain harus mencuci tangan dahulu, harus pakai masker, dilakukan tes suhu badan.
Protokol yang diberlakukan adalah ketika masuk gedung ibadah warga jemaat di Sangihe antara lain harus mencuci tangan dahulu, harus pakai masker, dilakukan tes suhu badan.

Liputan6.com, Manado - Sejumlah gereja di Sulut mulai menggelar ibadah dengan kehadiran jemaat pada, Minggu (19/7/2020). Selain di Kabupaten Minahasa, daerah yang berbatasan dengan Filipina yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe juga sudah mulai melaksanakan ibadah di gedung gereja.

Pelaksanaan ibadah ini diawali dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Seperti yang terjadi di Pulau Marore, sebuah pulau terluar Indonesia. Personel Polsek Marore terus melakukan upaya pencegahan penyebaran wabah covid-19.

Hal tersebut dilakukan dengan menyemprot disinfektan maupun imbauan dan pengawasan serta pemantauan terhadap Orang Baru Datang (OBD) dari Kapal KMP Porodisa, Minggu (19/7/2020).

Kegiatan ini dilakukan oleh Kanit Sabhara Polsek Marore Bripka D Makangiras dan Bhabinkamtibmas Brigadir M Sasube.

Penyemprotan disinfektan dilakukan bersama dengan Relawan Kampung Marore, di Gereja GMIST Imanuel Marore, Sangihe.

"Kita juga mengimbau warga agar selalu mengikuti protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan pemerintah di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini," ujar Makaringas.

Protokol yang diberlakukan adalah ketika masuk gedung ibadah, warga jemaat harus mencuci tangan dahulu, harus pakai masker, dilakukan tes suhu badan, tetap jaga jarak, dan tidak melakukan salaman secara langsung atau berjabat tangan.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kapolsek Tabukan Selatan Iptu Jesli Hinonaung mengikuti ibadah Minggu pagi di GMIST Jemaat Damsyik Tiwelo, Kampung Lesabe, Minggu (19/7/2020).

Ibadah tersebut dipimpin oleh Ketua Jemaat GMIST Damsyik Tiwelo Pdt Tuig Mangindaan, dihadiri sebanyak 60 jemaat.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada jemaat terkait  Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB.

"Mari tetap kita patuhi anjuran Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Sangihe," pesannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya