Koalisi Poros Baru Solid, Fakhrizal-Genius Umar Daftar Pilgub Sumbar

Fakhrizal-Genius Umar maju melalui koalisi poros baru pada Pilgub sumbar 2020.

oleh Novia Harlina diperbarui 06 Sep 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2020, 20:00 WIB
Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke KPU Sumbar untuk maju dalam Pilgub Sumbar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)
Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke KPU Sumbar untuk maju dalam Pilgub Sumbar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Liputan6.com, Padang - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat Fakrizal-Genius Umar mengambil tiket untuk berlaga di Pilgub Sumbar 2020. Pasangan tersebut mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir, Minggu (6/8/2020).

Fakhrizal-Genius Umar yang diusung koalisi poros baru yakni Partai Golkar, Nasdem dan PKB itu tiba di KPU Sumbar sekitar pukul 12.20 WIB.

Keduanya kompak memakai baju koko warna putih dan peci hitam, lengkap dengan masker agar terhindar dari penularan virus corona.

Bakal calon kepala daerah tersebut juga didampingi istri masing masing, kemudian hadir para pembesar Partai pengusung yakni Partai Golkar, Nasdem dan PKB. Kemudian juga partai pendukung yakni Partai Bulan Bintang dan Partai Berkarya.

"Ini semua berkat dukungan partai pengusung dan pendukung serta relawan," kata Fakhrizal kepada Liputan6.com, Minggu (6/8/2020).

Fakhrizal yang juga mantan Kapolda Sumbar 2017-2019 itu optimis dirinya dan Genius Umar mampu memenangkan pesta demokrasi ini. Pihaknya juga sudah menyusun komposisi tim dari partai pengusung dan pendukung serta tim kampanye.

Kemudian terkait status Fakhrizal yang saat ini masih menjadi anggota aktif Polri, ia mengaku sudah mengajukan surat pengunduran diri, namun hal tersebut masih diproses.

Sementara Komisioner KPU Sumbar, Gabriel Daulay mengatakan seluruh berkas Fakhrizal-Genius Umar saat pendaftaran dinyatakan lengkap.

"Lengkap namun akan diverifikasi lagi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:


Jalan Panjang Fakhrizal-Genius Umar di Pilgub Sumbar

Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke KPU Sumbar untuk maju dalam Pilgub Sumbar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)
Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke KPU Sumbar untuk maju dalam Pilgub Sumbar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Sebelumnya, pasangan Fakhrizal-Genius Umar mencalonkan diri melalui calon perseorangan, tetapi harus kandas di tengah jalan karena jumlah dukungan tidak cukup.

Pada 19 Februari 2020, pasangan tersebut mendaftar jalur perseorangan ke KPU Sumbar dengan membawa 336.657 KTP bukti dukungan masyarakat sebagai syarat pencalonan.

Akan tetapi, verifikasi KPU Sumbar berkata lain. Jumlah dukungan itu berkurang menjadi 306.661 dukungan. Jumlah itu berada di bawah batas minimal dukungan calon perseorangan.

"Jumlah batas minimal yang harus dimiliki calon perseorangan adalah sebanyak 316.051," kata Fakhrizal yang menggandeng Wali Kota Pariaman sebagai calonnya itu.

Pihaknya memutuskan tidak memperbaiki hasil verifikasi KPU Sumbar. Mereka justru menggugat KPU Sumbar atas permasalahan tersebut. Hingga kini prosesnya masih berjalan.

"Kami sudah komitmen maju pada Pilkada ini bersama," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya