Ridwan Kamil Kenalkan Mobil Patwal Berbahan Bakar Listrik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkenalkan Hyundai Kona Electric yang akan menjadi kendaraan dinas petugas Patroli dan Pengawalan (Patwal) di Kantor Gubernur Jabar.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 08 Feb 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2021, 08:00 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menguji mobil listrik pabrikan Hyundai di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (29/12/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkenalkan Hyundai Kona Electric, mobil tanpa emisi yang akan menjadi kendaraan dinas petugas Patroli dan Pengawalan (Patwal) Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar yang bertugas di Kantor Gubernur Jabar.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tutur Ridwan Kamil dalam postingan pada akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu (7/2/2021).

Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil menyebut penggunaan mobil patroli tanpa emisi bakal menekan anggaran operasional sampai 70 persen.

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan dengan anggaran rutin kendaraan bensin," kata dia.

Kehadiran mobil listrik Hyundai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar memang bukan hal baru. Sebelumnya, Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul sudah mendapatkan mobil dinas berupa mobil listrik.

Mobil listrik pabrikan Hyundai tersebut telah diserahterimakan ke Rumah Dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (29/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Hyundai menyerahkan tiga unit mobil listrik. Dari ketiga mobil yang diserahterimakan, satu mobil untuk dinas gubernur, satu untuk wakil gubernur, dan satu lagi akan diberikan kepada kepolisian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya