Dua Orang Hanyut Terseret Banjir Bandang Sumedang, Satu Ditemukan Meninggal

Satu korban banjir bandang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia Jumat (26/3/2021) pagi.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 26 Mar 2021, 10:16 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2021, 10:14 WIB
Banjir Bandang Sumedang
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban banjir bandang dan longsor di Sumedang, Jumat (26/3/2021). (Foto: Basarnas)

Liputan6.com, Bandung - Banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang pada Kamis (25/3/2021) pukul 16.30 WIB mengakibatkan dua orang terseret arus. Satu korban di antaranya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia Jumat (26/3/2021) pagi dan satu korban lainnya berhasil selamat meski mengalami luka.

Berdasarkan laporan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung, tim gabungan menemukan satu korban meninggal dunia akibat banjir bandang di Desa Citengah, pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB.

"Satu korban bernama Wareng alias Mamat Rahmat (40) yang dilaporkan menjadi korban banjir bandang di Desa Citengah berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah dalam keterangan tertulis.

Selanjutnya, pada pukul 06.15 WIB korban berhasil dievakuasi dan diserahterimakan ke pihak keluarga korban untuk kemudian diteruskan ke RSUD Sumedang.

Deden mengungkapkan, berdasarkan keterangan Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung Idham Salasa, korban ditemukan di area persawahan yang merupakan limpahan dari banjir bandang tersebut.

"Diketahui berdasarkan laporan warga korban saat kejadian tengah bekerja," ucap Deden.

Dia menambahkan, kesulitan yang ditemui tim gabungan yaitu akses untuk menuju lokasi harus melewati sungai, persawahan serta jembatan terputus. Sehingga tim harus mengupayakan pembuatan akses tersendiri untuk menuju lokasi evakuasi.

Dengan telah ditemukannya korban maka diusulkan penutupan operasi SAR dan tim SAR gabungan kembali ke kesatuan masing-masing. Unsur SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, BPBD Sumedang, Polsek Sumedang Selatan, Damkar, Tagana, Al Fatah, Sigab Persis, FKP3D, Relawan Kompas, dan Indonesia Escorting Ambulance Sumedang.

Diketahui, banjir bandang dan longsor melanda Kabupaten Sumedang, Jawa barat. Hujan dengan intensitas tinggi juga menyebabkan Sungai Citengah meluap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya