Jalur Puncak - Cianjur Longsor, Warga di Sekitar Lokasi Diimbau Ekstra Waspada

Jika longsor meluas akan berdampak ke perkampungan yang berada beberapa belas meter dari bagian jalan tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Apr 2021, 06:55 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2021, 06:55 WIB
longsor-ilustrasi-131201b.jpg
Ilustrasi Longsor

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang turun sejak sore hingga malam, menyebabkan bagian jalan di jalur utama Puncak-Cianjur di Kampung Jemprak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, longsor. Akibatnya arus lalu lintas di jlur tersebut tersendat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Irfan Sopyan, Kamis (29/4/2021) mengatakan, penyangga jalan di depan bekas Bioskop De Cinema pada Rabu malam (28/4/2021) ambles dan kejadian itu disertai dengan longsornya sebagian bahu jalan.

"Bahu jalan yang awalnya amblas semakin memanjang setelah disertai longsor akibat hujan yang turun deras sejak sore hingga malam menjelang," katanya.

Kondisi tersebut menyebabkan lalu lintas kendaraan terhambat. Antrean kendaraan di bagian jalan tersebut, menurut dia, masih panjang hingga Kamis dini hari.

Longsornya bagian bahu jalan pada jalur tersebut mengancam rumah-rumah warga yang berada di bagian bawah area bekas Bioskop De Cinema.

Irfan mengimbau pengguna jalan ekstra hati-hati saat melintasi jalur jalan tersebut dan warga yang tinggal di sekitar area yang longsor meningkatkan kewaspadaan.

"Kami mengimbau pengguna jalan untuk ekstra waspada saat melintas karena longsor dan amblas susulan dapat terjadi setiap saat," katanya.

Ia menambahkan, petugas sudah melakukan penanganan untuk mencegah longsor meluas dan berdampak ke perkampungan yang berada beberapa belas meter dari bagian jalan tersebut.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Pacet AKP Galih Apria mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor itu.

"Satu unit truk yang sedang parkir di lokasi longsor sempat terjebak," katanya.

Petugas langsung bergerak cepat mengevakuasi truk bermuatan penuh itu sehingga tidak sampai terseret ke bawah bagian tebing yang longsor dan ambles.

"Harapan kami, proses penanganan maksimal dapat dilakukan petugas gabungan, sehingga longsor tidak meluas karena di bagian bawah terdapat ratusan rumah warga yang terancam kalau longsor kembali meluas," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya