Menengok Uniknya Wisuda 'Drive Thru' Kampus Unika De La Salle Manado

Meski kasus Covid-19 terus menurun, Kampus Unika De La Salle Manado tetap menggelar wisuda dengan cara lantatur alias drive thru.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 03 Nov 2021, 02:00 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2021, 02:00 WIB
Unika De La Salle Manado mengambil model wisuda yang berbeda yakni secara drive thru, merupakan suatu yang unik.
Unika De La Salle Manado mengambil model wisuda yang berbeda yakni secara drive thru, merupakan suatu yang unik.

Liputan6.com, Manado - Jumlah kasus harian Covid-19 di Sulut terus menurun, tetapi upaya pengendalian pandemi terus dilakukan termasuk di lingkungan perguruan tinggi. Seperti di kampus Universitas Katolik (Unika) De La Salle Manado saat menggelar acara wisuda, Sabtu (30/10/2021).

Unika De La Salle Manado mengambil model wisuda yang berbeda yakni secara lantatur alias drive thru. Tahun lalu, perguruan tinggi swasta ini juga menggelar hal yang sama.

“Oleh panitia diatur antrean mobil yang membawa para wisudawan, merapat satu per satu secara perlahan di lokasi wisuda berkonsep drive thru ini,” Ketua Panitia Edino Ayub Lomban.

Wisudawan dan orang tua diturunkan di tempat kegiatan, sementara mobil lanjut menanti di luar area wisuda. Saat wisudawan berjalan menuju meja sidang yang dihadiri Senat Universitas, orang tua menanti di sisi kiri area wisuda.

“Usai prosesi, wisudawan berjalan menemui orang tua dan foto bersama. Setelah itu kembali naik mobil, dan meninggalkan lokasi wisuda,” ujarnya.

Lomban mengatakan, sebelum masuk ke area kampus, para wisudawan, orang tua atau wali, serta pengendara mobil menjalani pemeriksaan suhu tubuh, wajib mengenakan masker, dan membawa hand sanitizer. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

“Seperti halnya perkuliahan yang masih secara daring, karena kondisi pandemi ini maka wisuda juga diatur caranya agar tidak banyak orang berkumpul,” ujar Lomban.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, menurutnya, wisuda dilakukan secara drive-thru, serta online. Pihaknya juga mengatur sedemikian rupa sehingga wisuda di kampus itu berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Kita patut bersyukur dapat menyelenggarakan acara wisuda dengan baik, walaupun dalam situasi dan keadaan serba terbatas,” ujar Lomban.

Dia berharap, untuk para wisudawan dapat merealisasikan capaian mimpi saat ini dalam dunia nyata, dan kerja profesional nanti dengan segala kualitas, kompetensi, pengetahuan dan ketrampilan.

“Semua yang kau dapatkan dari pendidikan Lasallian Unika De La Salle Manado, terapkan untuk kepentingan umum,” paparnya.  

 


536 Orang Diwisuda

Total seluruh wisudawan berjumlah 536 terdiri dari Fakultas Teknik 97 orang, Fakultas Ekonomi (71), Fakultas Hukum (51), Fakultas Pertanian (13), Fakultas Keperawatan (273). Kemudian Fakultas Pariwisata 24 orang, dan Fakultas Ilmu Pendidikan 7 orang.

Kegiatan diawali dengan Rapat Terbuka Senat Akademik Universitas Katolik De La Salle Manado yang dibuka oleh Ketua Senat Debby Paseru. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado Johanis Ohoitimur.

Rektor mengungkapkan, wisuda kali ini mengambil tema: Lasallian, to dream is our way forward dengan sub tema “Walking in Lasallian Faith, Service dan Communion, you make lives meaningful. Selama masa pendidikan di Unika De La Salle Manado para wisudawan telah berusaha untuk mengenal dan menghidupi 3 (tiga) nilai pokok spiritualitas Lasallian yakni Faith (iman), Service (pelayanan) dan Communion (persatuan).

“Harapannya setelah menjadi alumni, nilai- nilai Lasallian itu terus dihidupi dan menjadi ciri khas karakter dalam kehidupan dan profesi,” ujar Ohoitimur.

Lulusan terbaik dalam wisuda kali ini adalah Christina Milenia Pricilia Mahaganti SAk, dari Program Studi Akuntansi dengan nilai IPK 4,00.

Untuk tetap melaksanakan prokes pencegahan Covid-19, terutama mencegah penumpukan massa, pelaksanaan wisuda drive thru Unika De La Salle Manado ini dilaksanakan dalam 2 hari yakni Jumat 29 Oktober 2021, dan Sabtu 30 Oktober 2021.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya