Batam, Gerbang Perubahan Nasib Pengungsi Afganistan

Para pengungsi perang Afaganistan ini berharap lembaga international segera memberi tempat yang permanen bagi mereka. Batam diharapkan menjadi gerbang perubahan bagi seluruh pengungsi yang tersebar di berbagai negara.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 07 Jan 2022, 10:59 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2022, 10:59 WIB
imigran afganistan
Ratusan imigran Afganistan berunjurasa di Perumahan Royal Grande Batam. (foto: Liputan6.com/ajang nurdin)

Liputan6.com, Batam - Ratusan pengungsi Afganistan berunjukrasa dengan memblokade  pintu gerbang perumahan elit yang berada di Batam Center. Sebagian demonstran berbaring di aspal agar bisa menghalangi mobil warga yang hendak keluar masuk dan keluar perumahan  Royal Grande, Batam.

Menurut Ali Akbar (24), kordinator aksi, upaya itu dilakukan sebagai protes ke kantor perwakilan Internasional Organitation (IOM) Kota Batam.

"Beberapa kali kami berunjukrasa, tapi tak pernah direspon IOM," kata Ali kepada Liputan6.com, Kamis (6/1/2021)

Para demosntran itu meminta kepada UNHCR dan IOM agar imigran Afganistan di Indonesia secepatnya dipindah ke negara manapun, asal mau menerima.

"Jangan IOM dan UNHCR menyandera kami. Batin kami sakit, dan kami ingin hidup bebas,"kata Ali.

Menurut Ali, selama berada di Indonesia para imigran tak bisa berbuat  apa-apa. Sedangkan jika kembali ke Afganistan juga tak memungkinkan karena menurutnya Afganistan sudah hancur karena perang.

"Kami bertahan di Indonesia didanai IOM. Rp1.250.000 perbulan untuk orang dewasa dan untuk anak- hanya  Rp 500 Ribu, mana cukup?” tanya Ali.

Ia mengancam jika IOM dan UNHCR masih tetap tidak merespon dan mengabulkan permintaanya, para imigran Afganistan ini tidak akan lagi menggunakan fasilitas tempat tinggal yang IOM berikan.

"Kami akan turun ke jalan-jalan  dan memasang tenda seperti dulu lagi di halaman DPRD Batam,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut


Kantor Kosong Karena Pandemi

imigran afganistan
Ratusan imigran Afganistan berunjurasa di Perumahan Royal Grande Batam. (foto: Liputan6.com/ajang nurdin)

Sementra itu Yusri Putra, petugas Keamanan Kantor perwakilan IOM Batam membenarkan bahwa Kantor IOM ada di Perumahan Elite Royal Grande Batam Center.

"Iya kantor IOM di perumahan sini, tapi kosong tak ada orang , sekarang hanya kantornya saja dan arsip-arsip yang ada, orang-nya pada kerja online" kata Yusri Putra.

Pihaknya sudah menawarkan opsi kepada perwakilan  Imigran untuk melihat kantor IOM.

"Saya sudah tawarkan 1 atau 2 orang kepada mereka untuk meyakinkan, tidak ada staf di kantor," ujarnya.

Sementara itu Agus salah seorang warga perumahan yang tidak bisa masuk karena tertahan blokade imigran Afganistan itu mengalah dan turun dari mobil. Selanjutnya ia  jalan kaki mengantarkan anak pulang dari sekolah.

"Ada apa ini, kami terganggu dan baru mengetahui ada kantor IOM di dalam perumahan Ini," kata  Agus.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya