Sambangi Madura, Ridwan Kamil Ditanya soal Pilpres 2024: Istikharah Dulu

Ridwan Kamil mengaku dilamar banyak partai.

oleh Musthofa Aldo diperbarui 20 Jan 2022, 18:03 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2022, 17:43 WIB
Ridwan Kamil ke Madura
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil makan sate di kompleks Pasarean Mbah Kholil Bangkalan bersama Bupati Bangkalan R. Abdul Latif.

Liputan6.com, Bangkalan Ridwan Kamil heran, ke mana pun dia pergi, orang-orang yang bertemu dengannya kebanyakan menanyakan soal kemungkinan dirinya maju sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Termasuk ketika dia berkunjung ke Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis, 20 Januari 2022. Pertanyaan soal "copras-capres" pun kembali ditanyakan kepada Gubernur Jawa Barat itu.

"Enggak di jalan atau di pengkolan pasti orang menanyakannya, entah kenapa?" ujar pria yang akrab disapa Kang Emil, usai berziarah ke Makam Syaikhona Kholil Bangkalan di Desa Martajesah.

Karena sering ditanyakan, mantan Wali kota Bandung ini pun punya jawaban diplomatis yang sama. Ridwan Kamil menganggap pertanyaan itu bagian dari doa. Maka, bagi Ridwan Kamil, menjadi apa pun yang terpenting adalah bermanfaat kepada orang lain.

"Jawaban saya sama, kalau pintu takdir terbuka, Bismillah. Kalau enggak, enggak ada masalah," ujar dia didampingi Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:


Istikharah Pilih Warna

Istilah 'Ngetan' dan 'Masantren' Dalam Ziarah Ridwan Kamil ke Makam Mbah Kholil Bangkalan Madura
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ziarah ke Makam Mbah Kholil Bangkalan Madura. Foto (istimewa)

Di luar keheranannya itu, Ridwan Kamil mengisyaratkan siap menyongsong Pemilu Presiden 2024.

Dia pun tak menampik bahwa saat ini begitu banyak partai yang "melamarnya". Namun, Ridwan Kamil tak mau gegabah. Dia butuh petunjuk Illahi lewat salat istikharah.

"Semua menawarkan, makanya tahun ini kita masih istikharah, memilih warna (partai) mana yang cocok," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya