Kabupaten Cirebon Fokus Genjot Vaksin Booster Lansia Cegah Omicron

Bupati Cirebon menyebutkan kematian akibat covid-19 tercatat pada serangan gelombang kedua Covid-19 yang lalu di Kabupaten Cirebon

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Feb 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2022, 22:00 WIB
Kabupaten Cirebon Fokus Genjot Vaksin Booster Untuk Lansia
Suasana penyuntikan vaksin booster kepada lansia warga Kabupaten Cirebon. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Cirebon - Pemkab Cirebon terus melakukan percepatan vaksin booster terutama pada masyarakat lansia. Vaksinasi booster tersebut agar meningkatkan kekebalan tubuh.

Bupati Cirebon Imron mengatakan, vaksinasi booster bisa disuntikkan kepada lansia yang sudah memenuhi syarat. Seperti enam bulan setelah vaksinasi kedua covid-19.

"Tujuannya untuk mempertahankan tingkat kekebalan, serta memperpanjang masa perlindungan," kata Imron, Senin (31/1/2022).

Imron mengatakan, lansia menjadi sasaran prioritas karena merupakan kelompok rentan dan risiko tinggi. Menurut data, saat ini tingkat kematian kasus Covid-19 tertinggi ditempati kelompok usia 60 tahun keatas.

Kematian akibat covid-19 tercatat pada serangan gelombang kedua Covid-19 yang lalu di Kabupaten Cirebon. Untuk itu, dia meminta kerjasama semua pihak agar tidak takut di vaksin.

“Kenapa kami prioritaskan lansia, karena covid kemarin kalangan lansia termasuk yang angka kematiannya tinggi. Percayakan saja kepada pemerintah, karena vaksin booster ini sangat aman,” kata Imron.

Diketahui, kegiatan penyuntikan vaksin booster untuk masyarakat lansia Kabupaten Cirebon bertempat di Pendopo Bupati. Vaksinasi booster sendiri adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap, atau telah vaksinasi dosis 1 dan 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini


Capaian Vaksin Booster

Kabupaten Cirebon Fokus Genjot Vaksin Booster Untuk Lansia
Suasana penyuntikan vaksin booster kepada lansia warga Kabupaten Cirebon. Foto (Istimewa)

Dia menyebutkan, pada 29 Januari 2022, capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Cirebon dosis pertama 95 persen. Sedangkan penerima vaksin dosis 2 sebanyak 58 persen.

Sementara itu, Pemkab Cirebon jumlah warga yang divaksin dosis 1 dan 2 sebanyak 1.782.964 jiwa.

“Untuk vaksinasi lansia sudah tersuntikan dosis 1 sebesar 100 persen. Lalu untuk dosis 2 sebanyak 68 persen,” sebut Imron.

Imron mengaku akan terus melakukan percepatan vaksinasi agar angka penduduk penerima Vaksin Covid-19 secara lengkap semakin tinggi. Sehingga capaian vaksin booster di Kabupaten Cirebon dapat meningkat terutama untuk lansia.

Imron mengimbau masyarakat yang belum tervaksin agar segera mendatangi tempat-tempat layanan vaksinasi yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Cirebon.

"Jangan lupa, protokol kesehatan juga harus dilakukan secara ketat,” pinta Imron.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya