Sirkuit Mandalika, Tempat Perhelatan Balap Motor Berkelas Dunia

Sirkuit Mandalika dibangun di atas tanah seluas 1.035,67 hektare. Posisi sirkuit berkelas dunia ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 07 Feb 2022, 05:00 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2022, 05:00 WIB
Keindahan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Keindahan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (dok: ITDC/MGPA)

Liputan6.com, Mataram - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 12 November 2021. Dengan adanya sirkuit ini, artinya Indonesia siap menyambut para pembalap berkelas dunia.

Sirkuit Mandalika dibangun di atas tanah seluas 1.035,67 hektare. Posisi sirkuit berkelas dunia ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Hadirnya sirkuit bertaraf internasional di Mandalika diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,31 km dengan jumlah total 17 tikungan. Sirkuit Mandalika memiliki jumlah garasi sebanyak 40 unit.

Garasi yang dibangun secara permanen ini untuk para tim balap. Setiap garasi di atasnya terdapat ruang pers dan liputan.

Melansir laman kemenparekraf.go.id, lapisan paling atas trek Sirkuit Mandalika berasal dari Inggris. Sedangkan lapisan aspal bagian bawahnya buatan asli Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Dikelilingi Tempat Wisata

NTB
Bukit Merese, Lombok, NTB. (dok. Instagram @hkurnia2018/Asnida Riani)

Selain itu, kelebihan lain dari Sirkuit Mandalika bisa menampung penonton hingga 195 ribu. Namun karena masih pandemi Covid-19, jumlah penonton dibatasi hanya mencapai 114 ribu penonton.

Sirkuit Mandalika dikelilingi kawasan wisata. Jadi, selain menikmati ajang balap motor bertaraf internasional, juga bisa menikmati tempat wisata menarik di kawasan Mandalika.

Beberapa tempat wisata di sekitar Sirkuit Mandalika antara lain Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, hingga Pantai Gerupuk.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya