5 Tempat Favorit Makan Satai Kelinci di Yogyakarta

Satai kelinci ini hanya perlu dibumbui dengan bumbu sederhana, namun rasa yang dihasilkan olahan satai ini sangat enak.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 06 Mar 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2022, 07:00 WIB
satai kelinci
satai kelinci di kopeng

Liputan6.com, Yogyakarta - Aneka olahan daging kelinci adalah salah satu kuliner khas daerah kaliurang Yogyakarta. Daging kelinci memiliki tekstur sedikit lebih berserat dibandingkan daging ayam.

Daging kelinci lebih empuk dari pada daging kambing dan juga tidak berbau seperti daging kambing. Olahan daging kelinci yang paling terkenal dalam bentuk satai.

Satai kelinci ini hanya perlu dibumbui dengan bumbu sederhana, namun rasa yang dihasilkan olahan satai ini sangat enak. Satai daging kelinci biasanya disantap bersama nasi dan sambal kecap.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima rekomendasi kuliner satai kelinci Yogyakarta.

1. Satai Kelinci Pak Raji

Satai kelinci Pak Raji masuk dalam jajaran kuliner legendaris Yogyakarta. Satai kelinci Pak Raji merupakan salah satu pionir pedagang daging kelinci di Kaliurang.

Warung makan ini telah berjualan aneka olahan daging kelinci sejak tahun 1973. Satu porsi satai kelinci ala Pak Raji dibanderol mulai dari Rp 12.000 per porsi. Satu porsi satai kelinci di warung makan ini, disajikan dengan satu porsi lontong, irisan bawang merah dan cabai, sehingga sangat menggungah selera.

Satai kelinci Pak Raji berlokasi di depan Taman Bermain Kaliurang, sehingga tak akan sulit menemukan keberadaan kuliner Yogyakarta yang satu ini. Satai kelinci Pak Raji buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 03.00.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Satai Kelinci Mbah Ganis

2. Satai Kelinci Mbah Ganis

Satai Kelinci Mbah Ganis yang berada di Pintu Gerbang Tlogoputri, Jalan Kaliurang, Yogyakarta. Warung makan aneka olahan dagingn kelinci ini merupakan warung yang cukup populer di kalangan para pelancong.

Selain menjual satai kelinci, Mbah Ganis juga menjual aneka menu lainnya seperti nasi goreng hingga olahan tongseng yang cocok dimakan saat cuaca Kaliurang sedang dingin-dinginnya.

Satu porsi aneka satai dan tongseng di warung makan ini dibanderol mulai dari Rp 20.000 saja. Warung makan Mbah Ganis juga menjual olahan kelinci guling yang dibanderol mulai dari Rp 200.000 per ekor. Satai kelinci Mbah Ganis buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 02.00.

 


Satai Kelinci Pak Gundul

3. Satai Kelinci Pak Gundul

Satai kelinci Pak Gundul menjadi salah satu rekomendasi olahan satai kelinci tanpa jauh-jauh ke Kaliurang. Satai kelinci Pak Gundul berada di Kompleks Ruko Perempatan SGO Wates, tepatnya di sudut jalan raya.

Uniknya, satai kelinci ala Pak Gundul disajikan tanpa tusuknya. Satu porsinya berisi daging satai tanpa tusuk yang ditemani dengan sayur mayur, seperti irisan kubis, irisan bawang merah, tomat, dan cabai. Dipadu dengan nasi hangat, akan menggugah selera makan.

Harga aneka menu yang ditawarkan oleh Pak Gundul dipatok mulai Rp 20.000 saja. Satai kelinci Pak Gundul buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 19.00.

 


Satai Kelinci Pak Djimsan

4. Satai Kelinci Pak Djimsan

Satai Kelinci Pak Djimsan menjadi rekomendasi warung makan olahan daging kelinci selanjutnya. Lokasi satai kelinci Pak Djimsan berada di Jalan Kaliurang KM. 19, Purwodadi, Harjobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Untuk mencapai warung makan ini bisa ditempuh kurang lebih 25 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Selain satai kelinci, Pak Djimsan juga menawarkan menu olahan daging kelinci lainnya. Misalnya saja ada tongseng, gule, tengkleng dan lain-lain. Untuk satu porsi satai kelinci yang berisi 5 tusuk dan dipatok Rp 25.000. Satai kelinci Pak Djimsan buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

 


Satai Kelinci Pak Yanto

5. Satai Kelinci Pak Yanto

Satai kelinci Pak Yanto menjadi salah surga kuliner yang cukup tersembunyi di pelosok Bantul. Lantaran cukup sulit menemukan aneka olahan daging kelinci di kabupaten ini.

Satai kelinci Pak Yanto terletak di Bejen, Bantul, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Warung sederhana ini menawarkan menu satai dan tongseng kelinci yang rasanya benar memanjakan lidah.

Daging kelinci di warung makan ini cukup empuk dan tidak alot dengan bumbunya yang pas, saat dikunyah terasa kenyal yang menjadi ciri khas dari daging kelinci.

Satai kelinci Pak Yanto buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00. Aneka menu olahan daging kelinci ala Pak Yanto dijual dengan harga Rp 25.000.

(Tifani)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya