Warga Minang, Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

Biasanya menjelang lebaran ini kejahatan meningkat, terutama soal peredaran uang palsu karena momentumnya ada ketika penukaran uang baru di jasa-jasa penukaran uang.

oleh Novia Harlina diperbarui 27 Apr 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi Uang Palsu 3 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi Uang Palsu 3 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, Padang - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengimbau masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu di wilayah Sumbar menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Biasanya menjelang lebaran ini kejahatan meningkat, terutama soal peredaran uang palsu karena momentumnya ada ketika penukaran uang baru di jasa-jasa penukaran uang," kata Kabid humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto kepada, Senin (25/4/2022).

Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati terhadap peredaran uang palsu.

Namun demikian, dia menambahkan, sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait kasus peredaran uang palsu ke Polda Sumbar maupun di polres-polres.


Upaya Pencegahan

Untuk mencegah peredaran uang palsu, pihaknya akan melaksanakan patroli baik siang hari, maupun malam hari terutama di daerah rawan peredaran uang palsu.

"Kita akan menempatkan petugas untuk pengamanan objek-objek vital seperti bank, dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas," ujarnya.

Ia menyampaikan, bagi masyarakat yang menemukan uang palsu segera laporkan ke kantor polisi terdekat.

"Segera laporkan ke kantor polisi terdekat apabila menemukan adanya peredaran uang palsu, sehingga bisa dengan cepat ditindaklanjuti," ia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya