5 Kuliner Wajib Diicip Saat Datang ke Kota Solo

Lokasi paling dicari jika datang ke Kota Solo ini wajib kamu coba. Makanan-makanan ini menjadi makanan wajib lantaran akan terasa belum afdol jika berwisata ke kota tersebut. Apa saja lima makanan wajib itu, cek artikel di bawah ini.

oleh Dewi Divianta diperbarui 21 Agu 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2022, 22:00 WIB
Selat Legendaris Mbak Lies Solo
Selat Legendaris Mbak Lies Solo (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Solo - Anda pernah datang ke Kota Solo?. Ya, kota di mana Presiden Joko Widodo dilahirkan itu memiliki makanan khas yang wajib diicip ketika kita berkunjung.

Solo memang mendominasi kuliner serba manis, meski begitu makanan dengan khas manis itu malah selalu menjadi incaran wisatawan yang hadir di kota itu.

Selain berkunjung untuk berlibur, atau tengah dalam rangka pekerjaan dan bisnis, Anda bisa menikmati wisata di daerah Solo. Tak hanya itu Anda juga bisa berwisata kuliner dan menikmati makanan atau kuliner Solo yang wajib dicoba saat berada di Kota Budaya itu, berikut ulasannya: 

1. Selat Mbak Lies

Kuliner Selat sebenarnya adalah makanan khas Eropa yang dipadukan dengan citarasa Solo dengan ciri khas manis, dan sudah ada sejak jaman penjajahan.

Perpaduan antara suwiran daging, potongan buncis, wortel, mayones dan kuah hitam manis menjadi salah satu makanan paling hits yang selalu laris dicari masyarakat Solo Raya atau wisatawan yang hadir ke Solo.

Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp25 ribu saja, sudah bisa menikmati sepiring selat lengkap dengan sayur mayur, daging dengan kuah manis gurih. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Perpaduan Makanan Manis

2. Tengkleng Pak Manto

Tengkleng Pak Manto menjadi makanan yang wajib masuk daftar wisata kuliner saat berwisata ke Kota Solo. Warung makan Tengkleng Pak Manto tersebut menyediakan aneka olahan serba kambing mulai dari sate, tengkleng, rica-rica kambing, sate buntel, dan tongseng.

Menu masakan itu diolah dengan perpaduan pedas dan manis itu juga menjadi makanan paling dicari lantaran kelezatannya. Restoran tersebut berada di Jalan Honggowongso Nomor 36, Sriwedari, Solo itu selalu ramai dikunjungi pembeli.

3. Es Krim Kusuma Sari

Es Krim Jadul di restoran Kusuma Sari yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Solo menjual aneka makanan khas Solo dan menjadi salah satu restoran tertua di kota tersebut.

Tak hanya memiliki histori sebagai restoran tertua di Kota Solo, restoran tersebut menjual eskrim jadul dengan aneka rasa dan sudah dimodifikasi dengan tren makanan terkini.

Tak sedikit pengunjung yang menikmati makanan di restoran tersebut pasti memesan es krim tersebut sebagai hidangan penutup, lantaran rasa khas es krimnya meninggalkan manis berlebih dan sedikit memiliki rasa gurih.

4. Soto Gading

Soto Gading adalah rumah makan atau restoran yang menjual soto daging sapi, di mana gading itu di ambil dari nama daerah di mana restoran pertama tersebut berdiri. Saat ini restoran Soto Gading memiliki beberapa cabang di seputaran Solo, perpaduan nasi, sayuran tauge, irisan daging sapi dan kuah berbumbu dalam sebuah mangkuk kecil itu menjadi menu wajib kulineran pagi. 

Jika anda tengah berada di Kota Solo, jangan sampai menunggu siang hari jika ingin menikmati kuliner ini jika tidak ingin kehabisan. Untuk diketahui restoran ini hanya membuka restorannya hingga jam 1 siang saja, pastikan anda datang pada jam-jam makan pagi untuk menikmati segar dan lezatnya Soto Gading.

5. Nasi Liwet 

Nasi liwet adalah makanan paling diburu oleh wisatawan yang tengah berlibur atau berada di Kota Batik, perpaduan olahan nasi dengan santan dan rempah gurih disajikan bersama daging ayam kampung, bacem telur, dan sayur krecek banyak dijual ketika malam hari di trotoar jalan di sekitaran Solo Raya. 

Selain itu, selain olahan itu biasanya warung yang menjual nasi liwet juga akan menyediakan kudapan ketan manis yang dinikmati bersama parutan kelapa dan bubuk kedelai.

Nah itu adalah lima kuliner wajib yang harus kamu coba ketika kamu datang ke Solo, penasaran mencoba kulineran Solo di atas? yuk datang ke Kota Solo menikmati olahan kulinernya dan berbelanja oleh-olehnya salah satunya Batik Solo. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya