Berikut Sejumlah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis merupakan rempah-rempah penting pada setiap masakan yang bisa menghasilkan rasa lezat

oleh Panji Prayitno diperbarui 30 Agu 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2022, 08:00 WIB
Berikut Sejumlah Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan
Ternyata kayu manis campur madu memiliki banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta - Kayu manis merupakan rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa jenis pohon Genus Cinnamomum. 

Kayu manis banyak diburu di dalam maupun luar negeri dan menjadi salah satu produk yang diperdagangkan secara teratur di Asia, Eropa dan negara bagian Timur. 

Negara penghasil kayu manis adalah China, Indonesia, Vietnam, Brazil, India dan Karibia. Kayu manis batangan dapat bertahan selama satu tahun jika di simpan di tempat yang kedap udara dan gelap.

Namun jika kayu manis telah dihaluskan aroma khas di dalamnya akan hilang. Selain itu, kayu manis merupakan rempah-rempah penting pada setiap masakan. 

Bukan hanya lezat, kayu manis juga diyakini memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat utama dari kayu manis:

Penurun Kolesterol Jahat

Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi kayu manis 1/2 sendok teh per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat/ LDL. 

Selain itu dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat/LDL dapat menyehatkan jantung dan membersihkan penyumbatan pembuluh darah.

Pengatur Gula Darah

Seseorang yang mengalami penyakit Diabetes Type 2, cukup berikan ekstrak kayu manis secara teratur. Secara signifikan akan mengalami penurunan kadar gula darah.

Hal ini dikarenakan kayu manis dapat meningkatkan metabolisme glukosa hingga 20 kali, dan dapat mengatur regulasi pada gula darah.

Menjadi Pengawet Alami Makanan

Kayu manis memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menghambat bakteri dan pembusukan masakan dan makanan, cocok dipakai untuk pengawet makanan alami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pereda Nyeri Penyakit Arthritis

Seseorang yang menderita Artritis diberi setengah sendok teh bubuk kayu manis dan dikombinasikan dengan 1 sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan. 

Kayu Manus memiliki dampak yang sangat signifikan mengatasi nyeri Arthritis setelah satu minggu, dan dapat menghilangkan rasa nyeri dalam jangka waktu satu bulan, sebuah studi dari Universitas Kopenhagen.

Dapat Mencegah Kanker

Kayu manis diyakini dapat mengurangi proliferasi leukemia dan sel kanker limfoma, yang bisa berkembang biak menjadi sel kanker jahat.

Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Selain anti pembekuan darah, kayu manis juga dipercaya dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh.

Aroma Khas

Aroma khas dari kayu manis ini juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan memori dalam otak, sehingga Sahabat tidak mudah lupa.

Penghilang Bau Mulut

Kayu manis juga dapat menghilangkan kuman dalam mulut dan mampu mengatasi bau tidak sedap di mulut.

Membantu Perkembangan Tulang dan Tubuh

Kayu manis juga memiliki kandungan nutrisi dan zat besi yang tinggi, kalsium, serat dan mangan, yang dapat membantu pertumbuhan dan menguatkan tulang.

Itulah daftar manfaat dari kayu manis, namun studi baru menunjukan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menjadi racun, maka dari itu gunakan secukupnya untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya