Dilirik Usai BBM Naik, Berikut 6 Alasan Kamu Perlu Pertimbangkan Motor Listrik

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat masyarakat mulai melirik menggunakan kendaraan alternatif lain yaitu menggunakan kendaraan berbahan dasar listrik.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 05 Sep 2022, 17:53 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 17:41 WIB
Viar Q1
Motor listrik Viar Q1. (Weente/oto.com)

Liputan6.com, Bandung - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat masyarakat mulai melirik untuk menggunakan kendaraan alternatif lain yaitu menggunakan kendaraan berbahan dasar listrik.

Saat ini, ramai kendaraan motor listrik yang menarik perhatian masyarakat. Penggunaan baterai alih-alih bahan bakar menjadi salah satu alasan untuk menghemat pengeluaran harian.

Tidak hanya itu, ada banyak alasan lain untuk kamu mengganti kendaraan seperti motor listrik. Berikut adalah beberapa alasan kamu perlu beralih ke kendaraan listrik.

1. Ramah Lingkungan

Salah satu hal penting dalam motor listrik adalah teknologi ini tidak mengeluarkan emisi gas yang dapat mencemarkan udara di bumi. Sebab, kendaraan listrik tidak mengeluarkan asap kendaraan dari knalpot dan hal tersebut menjadi salah satu alasan bahwa motor listrik menjadi kendaraan yang ramah lingkungan.

2. Perawatannya yang mudah

Motor listrik juga termasuk ke dalam kendaraan yang akan mempunyai perawatan yang mudah. Pasalnya, ketika diservis, komponen motor yang ada lebih sedikit. Maka dari itu, perawatan dari motor listrik tergolong lebih mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Jauh lebih hemat

Alva One
Motor listrik Alva One debut di GIIAS 2022. (Septian/Liputan6.com)

Alasan selanjutnya adalah penggunaan motor listrik bisa disebut jauh lebih hemat karena kamu tidak perlu membeli bahan bakar di SPBU kembali karena tidak membutuhkan bensin.

4. Harga motor listrik mulai beragam

Kini penawaran motor-motor listrik mulai beragam baik dari harganya yang mahal sekalipun hingga yang mulai bersahabat dan adapun yang murah, sehingga kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli motor listrik.

5. Akselerasi spontan

Motor listrik mempunyai akselerasi motor yang baik karena umumnya mereka mempunyai akselerasi yang spontan dan kamu tidak harus memutar tuas gas dalam-dalam agar motor ini dapat melaju cepat.

6. Suara mesin yang halus

Tentunya motor listrik mempunyai suara mesin yang lebih halus dan tidak akan menganggu lingkungan sekitar sebab bebas dari polusi suara, dan motor listrik akan sangat aman digunakan ketika melewati gang kecil atau sempit karena tidak akan berisik seperti motor yang berbahan bakar minyak (BBM).


Harga Motor Listik

Rakata NX3
Tenaga motor listrik Rakata NX3 cukup responsif. (Septian/Liputan6.com)

Berikut adalah beberapa merk motor listrik yang ada di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin membelinya.

Gesits

Motor ini mempunyai tenaga listrik 5KW serta jenis baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Dalam pengisian dayanya membutuhkan waktu 3-4 jam dan dapat berkendara sejauh 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai gandanya. Harga motor ini sekitar Rp28 jutaan.

Volta

Volta merupakan motor lsitrik yang menerapkan sistem ganti baterai atau battery replacement system. Dalam pengisian dayanya membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam dan motor listrik mempunyai daya baterai sebesar 60 Volt/ 20 Ah dengan jenis baterai Lithium-ion. Serta mempunyai tenaga listrik sebesar 1,5 KW. Harga dari motor ini sekitar Rp15,7 jutaan

ECGO 2

ECGO 2 adalah motor listrik yang mempunyai konsep sewa baterai pada pembelinya dengan harga yang murah hanya sekitar Rp95 ribu per hari. Motor ini dapat melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 70 km. Harga dari motor ini sekitar Rp11 jutaan.

Viar Q1

Viar Q1 menjadi salah satu motor yang menggunakan baterai Litihium-ion 60 volt 23 ampere dan mempunyai waktu pengisian daya sekitar 4-5 jam. Daya dari motor ini sekitar 800 watt dan dapat menempuh jarak sekitar 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Harga yang dijual sekitar Rp18 jutaan.

Selis

Selis mempunyai tipe motor listrik bernama tipe E-Max di mana motor ini menggunakan baterai SLA 60 volt 25 Ah dan daya listrik sebesar 1200 watt. Dapat melaju dengan kecepatan 50 km/jam dan jika terisi penuh, tipe E-Max ini dapat menempuh jarak hingga 120 km. Untuk harganya mempunyai dua pilihan yaitu Rp22 jutaan untuk baterai tunggal dan Rp28 jutaan untuk baterai ganda.

United T1800

United T1800 merupakan motor listrik yang mempunyai dua baterai sehingga dapat menempuk jarak sekitar 130 km. Terdapat beberapa kecepatan yang bisa disesuaikan yaitu 50 km/jam, 60 km/jam dan 70 km/jam. Harga dari motor ini ada beragam berdasarkan tipenya yaitu, untuk United T1800 standar dengan satu baterai harganya sekitar Rp27,5 jutaan, T1800 CM harganya Rp33,5 jutaan dan T1800 TM dengan dua baterai seharga Rp34,25 jutaan.

Alva One

Alva One adalah salah satu motor listrik yang menggunakan baterai lithium berkapasitas 60 v 45 Ah dan dalam pengisian dayanya membutuhkan waktu hanya sekitar 4 jam dan dengan minimum daya listrik rumah sekitar 1.300 kWh. Daya maksimum dari motor ini adalah sekitar 4,8 kW dan torsi maksimum 46 Nm.

Penulis: Natasa K

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya