Deretan Minuman Dingin Tradisional Jawa Tengah Siap Jadi Pemadam Kehausan

Minuman tradisional Jawa Tengah ini rata-rata didominasi dengan rasa manis dipadukan dengan warna warna yang menarik

oleh Panji Prayitno diperbarui 19 Sep 2023, 20:08 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2022, 11:00 WIB
Deretan Minuman Dingin Tradisional Jawa Tengah Siap Jadi Pemadam Kehausan
Ilustrasi bir pletok./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Minuman dingin dengan berbagai toping dan varian kekinian menjadi salah satu pilihan masyarakat di tengah padatnya aktivitas.

Namun, di tengah perkembangannya, minuman dingin tradisional khas Jawa Tengah tak kalah populer. Minuman dingin tradisional Jawa Tengah sangat nikmat sekali jika kita minum siang siang bolong.

Minuman tradisional Jawa Tengah ini rata rata didominasi dengan rasa manis, namun tak lupa juga di padukan dengan warna warna yang menarik.

Berikut ini minuman tradisional Jawa Tengah dari berbagai sumber, yang siap menemani siang harimu.

Bir Pletok

Minuman ini sebenarnya adalah minuman asli dari tanah Betawi, tetapi minuman ini sering kali kita temukan di sejumlah daerah di Jawa Tengah, sehingga masih bisa disebut minuman khas Jawa Tengah. Walaupun bernama bir, minuman satu ini tak akan membuat kamu mabuk.

Es Oyen

Selanjutnya adalah minuman Es Oyen. Es in juga sebenarnya asli Jawa Barat yang hingga kini menjadi minuman khas Jawa Tengah.

Minuman Es Oyen ini terbuat dari daging dan air kelapa muda, pacar cina, alpukat, kental manis, potongan nangka, sirup coco pandan, serta es batu.

Sehingga minuman Es Oyen ini cocok banget nih di minum di kala siang hari, atau bisa kita jadikan sebagai minuman siap saji di momen buka puasa.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 


Es Rumput Laut

Resep Praktis Berbahan Rumput Laut
Es Rumput Laut. foto: Instagram @makanmakan

Es ini adalah sajian es yang berbahan dasar rumput laut, ya sesuai dengan namanya yakni es rumput laut.

Minuman es rumput laut ini memiliki rasa yang sangat segar, manis gurih dan dingin saat kita seruput di siang hari, jika kita sedang berada di Jawa Tengah dan ingin mencoba menikmati es rumput laut ini, kalian hanya tinggal datang saja daerah pesisir Jepara bila ingin menyeruput minuman ini.

Es Doger

Es ini sering kali disebut mirip dengan Es Oyen, padahal kedua minuman itu mempunyai sejumlah perbedaan, ya salah satunya itu ada pada bahan dasarnya, untuk es doger ini salah satu bahan dasarnya adalah ketan hitam.

Es doger juga dibuat dari bahan dasar lain seperti alpukat, kental manis, parutan kelapa, alpukat, pacar cina, tapai (tape), dan sirup merah.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya