Mau Bikin Rumah Tampak Lebih Asri? Pakai Tanaman Hias Ini Jadi Dekorasi

Berikut beberapa tanaman hias dekorasi rumah

oleh Switzy Sabandar diperbarui 22 Sep 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi Tanaman Hias
Ilustrasi tanaman hias. (dok. Unsplash.com/@vadimkaipov)

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya membuat interior rumah terlihat lebih cantik dan estetik, tanaman hias juga bisa menambah kesejukan di dalam rumah. Tanaman hias biasanya diletakkan di teras atau ruang tamu untuk menambah kesan asri pada rumah.

Banyak jenis tanaman hias yang bisa kamu jadikan dekorasi rumah. Bentuknya pun beragam, mulai dari yang ukuran besar hingga kecil.

Selain diletakkan di lantai, tanaman hias juga biasanya didekorasi dengan cara digantung di teras rumah. Berikut beberapa tanaman hias dekorasi rumah:

1. Lidah mertua

Tanaman yang memiliki nama lain sansevieria ini memiliki bentuk daun yang panjang dan runcing dengan tekstur tebal dan keras. Daun lidah mertua berwarna hijau tua, tetapi ada juga yang berwarna hijau muda dengan paduan warna kuning.

Selain bentuknya yang cantik, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat. Tanaman lidah mertua dapat menyerap polutan seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene, serta karbon dioksida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di teras maupun di dalam ruangan.

Selain dapat menambah keasrian dan kesegaran rumah, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaatnya yakni dapat menyembuhkan luka bakar, mengatasi masalah jerawat pada wajah, memperindah rambut, dan lainnya.

3. Monstera

Monstera merupakan adalah tanaman kekinian yang sempat populer karena memiliki bentuk dan unik dan cantik. Daun monstera berukuran lebar dan besar berbentuk hati dengan beberapa aksen lubang yang menambah kesan estetik.

Jika kamu mencari tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam rumah, monstera merupakan pilihan yang cocok. Pasalnya, tanaman ini tidak terlalu bergantung pada cahaya matahari langsung.

 


4. Rosemary

Rosemary adalah tanaman anggota keluarga mint. Rosemary bisa ditempatkan di pot kecil dan cocok diletakkan di dapur.

Selain sebagai tanaman hias, rosemary juga bermanfaat sebagai tanaman herba. Rosemary juga bisa dijadikan rempah untuk memasak.

5. Dragon tree

Dragon tree termasuk dalam kategori tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari, sehingga cocok ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang ramping, kecil, dan tajam dengan batang yang juga berukuran ramping.

6. Lavender

Selain tanaman, beberapa bunga juga bisa dijadikan dekorasi untuk menghias rumah. Lavender adalah bunga yang tidak hanya mempercantik rumah, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat, salah satunya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Lavender banyak dimanfaatkan sebagai kandungan aromaterapi, losion, sabun, hingga minyak kayu putih. Lavender juga mampu membantu mengatasi masalah serangga di rumah.

 


7. Anggrek

Selain lavender, anggrek juga bisa dijadikan salah satu pilihan bunga yang dapat mempercantik rumah. Anggrek memiliki beragam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Beberapa jenis anggrek, di antaranya anggrek vanda, anggrek kelip, anggrek bulan, anggrek sendok, dan anggrek larat.

8. Sukulen

Selain tanaman dan bunga, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman kering untuk dijadikan dekorasi rumah. Selain bentuknya yang unik, tanaman kering juga mudah dirawat.

Salah satu tanaman kering yang bisa kamu jadikan dekorasi rumah adalah sukulen. Sukulen memiliki ukuran yang mungil dan sangat menyukai sinar matahari.

Namun, jangan meletakkannya langsung di bawah sinar matahari karena akan membuat kulit sukulen mudah terbakar dan menimbulkan noda kehitaman. Kamu hanya perlu meletakkan sukulen di samping jendela sebagai area teduh agar mendapatkan sinar matahari yang cukup tanpa membuatnya terbakar.

Sukulen sebaiknya disiram setiap seminggu atau dua minggu sekali, bergantung pada area kelembapan dan kekeringan tanaman sukulen. Jika diletakkan di dalam ruangan, sukulen perlu disiram dua minggu sekali, sedangkan jika diletakkan di luar ruangan, sukulen perlu disiram setiap seminggu sekali.

9. Kaktus

Kaktus adalah tanaman dengan daun berbentuk duri yang dapat bertahan hidup di tempat kering. Sama seperti sukulen, kaktus memerlukan sinar matahari yang cukup, tetapi tidak secara langsung karena dapat membuatnya terbakar dan cepat mati.

Meskipun kaktus dikenal sebagai tanaman yang dapat bertahan tanpa air, kamu masih tetap harus menyiramnya. Kaktus perlu diberi air sekitar 1-3 minggu sekali, bergantung dari jenis kaktus dan cuaca.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya