BSU Tahap 4 Cair Hari Ini, Berikut Cara Mengeceknya

BSU sebesar Rp600 ribu ini telah diberikan oleh pemerintah.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 03 Okt 2022, 17:50 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2022, 17:34 WIB
Uang Subsidi Gaji Senilai Rp 600 Ribu Akan Disalurkan Pada 9 September 2022 Untuk 5 Juta Penerima
Penyaluran BSU 2022 juga dilakukan melalui PT Pos Indonesia. (Copyright foto: Pexels.com/Ahsanjaya)

Liputan6.com, Bandung - Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji saat ini telah cair dan masuk dalam tahap ke-4. Dikabarkan juga oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan bahwa minggu ini, BSU sudah bisa dilakukan pencairan.

BSU sebesar Rp600 ribu ini telah diberikan oleh pemerintah. Adapun penerima bantuan ini adalah para pekerja hingga buruh yang telah ditetapkan sebagai calon penerima dari bantuan tersebut.

Untuk Anda yang termasuk dalam penerima bantuan atau Anda ingin mengecek apakah Anda termasuk ke dalam penerima bantuan, berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa BSU Tahap 4.

Bisa diperiksa dari rekening bank ataupun melalui situs resmi seperti berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cek di Situs Kementerian Ketenagakerjaan

BSU Subsidi Upah BBM 2022
Setiap pekerja yang memenuhi syarat akan menerima BSU Subsidi Upah BBM 2022 senilai Rp 600.000 melalui anggota Himpunan Bank Milik Negara dan PT Pos Indonesia.

Cara pertama untuk mengecek status pencairan dana BSU tersebut, Anda dapat mengunjungi situs resmi dari Kemnaker yaitu kemnaker.go.id.

Kemudian perlu diperhatikan untuk mengaksesnya anda harus mempunyai akun yang telah didaftarkan yaitu menggunakan NIK, nama lengkap, alamat email, nomor telepon yang aktif hingga nama ibu kandung. Jelasnya seperti berikut:

1. Pertama-tama kunjungi situs kemnaker.go.id.

2. Setelah itu lakukan login menggunakan akun yang telah didaftarkan, adapun data harus lengkap.

3. Jika akun sudah terdaftar anda tinggal mengakses cek notifikasi atau pemberitahuan di sana, adapun jika BSU telah disalurkan akan ada informasi berupa notifikasi bahwa dana anda telah cair ke bank yang Anda gunakan.


Cek di Situs BPJS Ketenagakerjaan

BPJAMSOSTEK Serahkan Data BSU Tahap II, Ajak Pekerja Cek Kepatuhan Kepesertaan
BPJS Ketenagakerjaan atau yang lebih dikenal saat ini dengan BPJAMSOSTEK.

Anda juga dapat memeriksa status penerimaan BSU melalui situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Melalui situs tersebut anda dapat memeriksa dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

1. Pertama anda akses situsnya yaitu bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

2. Setelah itu, isi data diri dengan benar dan lengkap dan email serta nomor telepon juga harus terisi dengan benar, adapun data yang diisi yaitu NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nama dari Ibu kandung, Nomor Telepon, serta Email.

3. Setelah itu klik lanjutkan.

4. Adapun nantinya akan muncul notifikasi pada layar bilamana Anda menjadi penerima BSU atau tidak dan jika termasuk menjadi penerima akan muncul keterangan bahwa penyaluran BSU diproses ke nomor rekening yang terdaftar.

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya