Mencicipi Gurih dan Pedasnya Ayam Lodho Khas Tulungagung

Tekstur daging yang dihasilkan kuliner Tulungagung ini pun sangat lembut dan halus.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 19 Des 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 19:00 WIB
Mencicipi Sedapnya Menu Tradisional di Malang, Manjakan Lidah Banget!
(c) Ayam Lodho Tulungagung Mbak Eny

Liputan6.com, Tulungagung - Lodho atau ayam lodho merupakan kuliner khas Tulungagung, Jawa Timur. Makanan ini berupa olahan ayam kampung yang dibakar dan kemudian dimasukkan ke dalam adonan santan kental.

Sajian ini memiliki cita rasa pedas, sehingga sangat cocok bagi para pencinta makanan pedas. Selain lezat, kuliner ini juga memiliki aroma yang menggoda.

Aroma tersebut berasal dari aroma gurih santan, rempah yang kental, serta taburan bawang goreng. Tekstur daging yang dihasilkan kuliner Tulungagung ini pun sangat lembut dan halus.

Mengutip dari budaya-indonesia.org, nama 'lodho' diambil dari bahasa Jawa yang berarti empuk. Selain itu, 'lodho' juga dimaknai sebagai makanan gurih dari santan yang kental.

Adapun bahasa Jawa yang paling mendekati arti kekentalan dan kekeringan santan adalah 'mblondho'. Bahkan, masyarakat setempat ada juga yang sengaja menambahkan blondho (galendo, ampas minyak kelapa) pada tahap akhir pemasakanya.

Secara umum, cara memasak ayam lodho adalah dengan cara membakar atau memanggang ayam kampung. Selanjutnya, ayam tersebut dimasak lagi ke dalam santan yang berbumbu pedas.

Bumbu santan pedas pada ayam lodho sekilas mirip dengan bumbu kari pedas. Ayam lodho biasanya dimasak dengan menggunakan cara tradisional, yakni dengan kayu bakar.

Karena dimasak dalam waktu lama menggunakan api kecil, santan pada masakan ini pun menjadi kental dan kering. Dalam bahasa Jawa, proses memasak dalam waktu lama agar bumbunya merasuk disebut dengan 'kothok'.

Proses ini juga menghasilkan daging ayam yang empuk dengan bumbu yang lebih meresap. Proses memasak dengan menggunakan tungku kayu juga menghasilkan aroma asap ke dalam masakan ini.

Lamanya waktu yang diperlukan untuk memasak ayam lodho membuat masakan ini biasanya diinapkan semalam sebelum disantap keesokan harinya. Proses penginapan tersebut membuat santan kentalnya mengalami fermentasi ringan secara alamiah.

Proses tersebut dapat meningkatkan cita rasa masakan ini, terutama rasa gurih dan pedas. Salah satu tempat yang menyediakan menu ayam lodho adalah Warung Lama di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15-16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Malang, Jawa Timur, yang sudah berdiri sejak 1925.

(Resla Aknaita Chak)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya