Persiapan Bandara Kualanamu Hadapi Nataru, Diperkirakan Alami Peningkatan Penumpang

PT Angkasa Pura Aviasi Siap selaku pengelolan Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), siap menyambut calon penumpang pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

oleh Reza Efendi diperbarui 22 Des 2022, 15:31 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 15:31 WIB
Bandara Kualanamu
Bandara Kualanamu (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Deli Serdang PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), siap menyambut calon penumpang pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara Internasional Kualanamu, Heriyanto Wibowo mengatakan, diperkirakan jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan udara pada masa Nataru tahun ini meningkat.

Di Bandara Kualanamu, pada titik puncak arus keberangkatan akan terjadi pada H-1 Natal 2022 dengan jumlah trafik pesawat 188 flight dan jumlah trafik penumpang mencapai 25.573 pax.

Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+1 Tahun Baru 2023 dengan jumlah trafik pesawat 186 flight dan jumlah trafik penumpang mencapai 25.088 pax.

"Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu di 2022 ini mengalami peningkatan yang cukup baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah penumpang naik sebanyak 6.230 pax atau naik sekitar 11 persen," kata Heriyanto, Kamis (22/12/2022).

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Langkah Antisipasi

Bandara Kualanamu
Antisipasi kenaikan jumlah penumpang, PT Angkasa Pura Aviasi melakukan berbagai persiapan baik sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside) (Reza Efendi/Liputan6.com)

Disebutkan Heriyanto, sebagai antisipasi kenaikan jumlah penumpang di Bandara Kualanamu, PT Angkasa Pura Aviasi melakukan berbagai persiapan baik sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside).

Persiapan yang dilakukan seperti fasilitas pendukung pemanduan lalu lintas udara, fasilitas take off dan landing, fasilitas pendukung pergerakan pesawat udara di apron, termasuk garbarata.

Kemudian peningkatan kapasitas Uninterruptible Power Supply (UPS) dan genset untuk mengantisipasi gangguan pasokan tenaga listrik, serta fasilitas pendukung ground handling.

Pihaknya juga meningkatkan personel layanan dan Keamanan. Terminal Inspector Service (TIS) 40 personel, teknik 130 personel. Operasi total 484 personel, dan tambahan dari eksternal terdiri dari TNI dan Polri sebanyak 15 personel.

"Sementara Dinas Kesehatan 3 personel, KKP 3 personel, serta Dinas Perhubungan 3 personel," sebutnya.


Didukung Maskapai Penerbangan

Kondisi penerbangan di Bandara Kualanamu beberapa waktu lalu
Dengan dilakukannya persipan baik di sisi udara maupun darat, diharapkan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari penundaan maupun pembatalan jadwal penerbangan (Reza Efendi/Liputan6.com)

Diungkapkan Heriyanto, pihak maskapai penerbangan juga sangat mendukung kegiatan ini, dengan melakukan penambahan jumlah pesawat yang beroperasi selama Angkutan Nataru di Bandara Kualanamu.

Dengan dilakukannya persipan baik di sisi udara maupun darat, diharapkan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari penundaan maupun pembatalan jadwal penerbangan.

"Kegiatan patroli mobil dan online report ke posko-posko akan dilakukan dengan optimal. Saat ini tercatat 1 ekstra flight diajukan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Cengkareng untuk mendukung angkutan Nataru," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya