10 Makanan Khas Maluku yang Kaya Akan Rempah Khas Indonesia Timur

Berikut sederet makanan Maluku yang harus dicoba.

oleh Tifani diperbarui 11 Jan 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2023, 12:00 WIB
4. Sagu
Papeda merupakan makanan olahan sagu yang menjadi sumber makanan pokok masyarakat maluku (Sumber foto: Wikiwand.com)

Liputan6.com, Maluku - Provinsi Maluku dan sekitarnya dikenal menyimpan kekayaan kuliner lezat khas Indonesia Timur. Kawasan negeri rempah ini kaya akan aneka kuliner khas yang berasal dari ikan laut, kacang kenari dan rempah-rempah yang sudah tersohor sejak zaman kolonial.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet makanan Maluku yang harus dicoba.

1. Papeda

Makanan khas Maluku Utara ini hampir serupa dengan papeda khas tanah Papua. Papeda bahkan menjadi salah satu makanan pokok warga setempat.

Papeda terbuat dari tepung sagu, biasanya disajikan bersama kuah mubara dan ikan tongkol. Salah satu yang menarik dari makanan ini ialah cara menyantapnya.

Sebab, harus menggunakan sumpit untuk menggulung papeda. Kemudian menyeruput kuah. Rasanya legit, gurih berpadu dengan kuah mubara dan ikan tongkol yang nikmat.

2. Gatang Kenari

Gatang kenari menjadi makanan khas Maluku Utara yang cukup populer di Indonesia. Sajian ini terbuat dari kepiting darat yang terkenal memiliki daging yang gurih dan lembut.

Tidak heran makanan khas Maluku Utara ini menjadi buruan para wisatan yang singgah. Selain nikmat, Gatang Kenari juga dikenal kaya manfaat. Termasuk kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Gatang Kenari dimasak khusus dengan rempah yang menjadikannya makin menggugah selera. Bisa pula disajikan dengan kuah asam manis yang nikmat.

Sayangnya, populasi kepiting darat yang semakin menipis membuat pemerintah setempat membatasi konsumsi kepiting jenis ini. Namun tenang, para wisatawan tetap dapat menikmati sajian gatang kenari di restoran yang berizin.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Ikan Cakalang

3. Ikan Cakalang

Kuliner ikan asap asli Maluku ini diolah dengan teknik pengasapan. Biasanya, ikan yang dipakai adalah jenis ikan cakalang serta tuna.

Banyak yang bilang jika kedua ikan ini akan awet ketika diasapi. Serta membuat tekstur rasanya begitu khas.

Ikan cakalang dan tuna populer dengan kandungan gizi yang lengkap. Diantaranya, kalsium, vitamin, hingga protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan asap makin nikmat disantap dengan nasi hangat, sambal colo-colo serta kerupuk.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Kekayaan rempah-rempah di Maluku Utara membuat banyak makanan khasnya juga kaya akan rempah. Salah satunya ialah sajian ikan kuah pala banda ini.

Ikan kuah pala banda adalah masakan yang berbahan dasar ikan dengan kuah sayurnya yang segar. Makanan ini biasanya menggunakan ikan kakap atau kerapu.

Sesuai namanya, bumbu utama dari ikan kuah ini adalah pala yang merupakan rempah utama dari Kepulauan Banda. Selanjutnya ditambahkan dengan bumbu penyedap seperti merica, cabai, garam, dan lain sebagainya.

Rasa dari ikan kuah pala banda ini cenderung pedas dan segar. Namun, tekstur dari daging ikannya gurih dan lembut.

5. Kohu-kohu

Kohu-kohu adalah salah satu makanan khas Maluku yang tampilannya mirip urap sayur. Di dalamnya terdapat berbagai campuran sayuran seperti kangkung, tauge, kacang panjang, kemangi, timun, dan sebagainya.

Keunikan dari kohu-kohu ini adalah adanya tambahan ikan yang menjadi bagian penting dari makanan ini. Ikan tersebut bisa berupa teri basah, tongkol, atau pindang.

Selain rasanya nikmat, makanan ini juga terbilang sangat sehat. Sebab mengandung berbagai sayuran yang kaya akan nutrisi.

6. Ikan Bakar Dabu-dabu

Bagi penggemar ikan bakar, salah satu makanan khas Maluku yang wajib dicoba adalah ikan bakar dabu-dabu. Meskipun dabu-dabu lebih terkenal di Manado, namun Maluku juga punya ikan bakar dabu-dabunya sendiri.

Sensasi sambal dabu-dabu yang pedas akan sangat pas dinikmati dengan ikan bakar ini. Makanan khas ini sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi panas.

7. Gohu Ikan

Jika Jepang terkenal akan shasimi, maka di Maluku ada gohu ikan. Makanan ini sama-sama terbuat dari olahan daging ikan mentah.

Dalam bahasa setempat, gohu artinya mengunyah sesuatu yang mentah. Gohu ikan biasanya dibuat dari daging ikan tuna atau ikan cakalang yang segar. Ikan yang masih mentah ini disajikan dalam potongan kecil serupa dadu. Selanjutnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan, biasanya dikucuri dengan perasan jeruk nipis dan garam.

Selanjutnya daging ikan tersebut ditambahkan dengan berbagai bumbu seperti tumisan bawang merah, cabai rawit, dan kenari. Sensasi rasa gohu ikan ini memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan manis bercampur dengan kenyal dan lembut dari daging ikan segar.

 


Sambal Colo-Colo

8. Sambal Colo-Colo

Selain makanan utama, Maluku juga punya olahan sambal yang khas. Namanya sambal colo-colo.

Sambal ini dibuat dari irisan tomat muda, cabai rawit, bawang merah, dan berbagai rempah lainnya. Selanjutnya sambal colo-colo dicucuri dengan jeruk nipis dan ditambahkan daun kemangi yang wangi.

Rasa pedas nan segar seketika membanjiri mulut saat mencobanya. Biasanya, sambal colo-colo ini adalah makanan pelengkap yang wajib ada di setiap aktivitas kuliner warga Maluku.

Sambal ini sangat cocok dinikmati dengan ikan bakar dan nasi panas.

9. Manisan Pala

Makanan khas Maluku yang juga unik dan menarik untuk dicoba adalah manisan pala. Sebagaimana diketahui, pala adalah salah satu tumbuhan rempah yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku.

Sesuai namanya, manisan pala ini terbuat dari bahan utama buah pala. Buah pala yang segar, diiris tipis-tipis kemudian direndam dengan air garam selama sehari.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sepat pada buah pala. Setelah itu, barulah kemudian diolah dengan gula agar menjadi manisan.

10. Kopi Sibu-sibu

Salah satu minuman khas Maluku adalah kopi sibu-sibu. Kopi sibu-sibu adalah jenis kopi robusta yang harum dan natural.

Selanjutnya yang membuat kopi ini berbeda adalah adanya tambahan biji ketapang dan campuran bubuk cengkeh yang ditaburi di atasnya. Sungguh aroma dan cita rasa kopi ini sangat khas. Apalagi jika dinikmati dengan berbagai kudapan khas Maluku lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya