Nama Atalia Masuk Bursa Pilwakot Bandung, Ridwan Kamil: Kalau Istri Mau, Masak Suami Larang

Nama Atalia Praratya masuk bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung untuk tahun 2024. Merespons hal ini, Sang suami, Ridwan Kamil, mengaku tidak melarang istrinya terjun ke dunia politik.

oleh Reza Efendi diperbarui 01 Feb 2023, 13:51 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2023, 10:29 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Medan Nama Atalia Praratya masuk bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung untuk tahun 2024. Merespons hal ini, sang suami, Ridwan Kamil, mengaku tidak melarang istrinya terjun ke dunia politik.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat tersebut, menyikapi pertanyaan wartawan, usai melakukan perjanjian kerja sama dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, di Kota Medan, Selasa, 31 Januari 2023.

"Saya hanya bisa mendoakan dan menyemangati. Sebab, yang bersangkutan mempunyai kapasitas yang mumpuni," ucapnya, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Medan.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam survei, nama istrinya cukup bagus. Namun, pilihan kembali kepada Atalia. Sebagai suami, Kang Emil hanya bisa mendoakan dan menyemangati.

"Karena beliau juga aktivis, juga doktor. Secara akademik, kapasitas memang ada," ujarnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Belum Diputuskan

Atalia Praratya (Instagram/ataliapr)
Atalia Praratya (Instagram/ataliapr)

Ditegaskan Ridwan Kamil, keputusan Atalia Praratya untuk terjun ke dunia politik belum diputuskan saat ini. Hanya saja, sang istri mengapresiasi hasil survei yang dilakukan Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC).

"Beliau (Atalia Praratya) hanya menjawab survei itu bagus. Jawaban (Atalia) normatif," ucapnya.

Ridwan Kamil kembali menegaskan tidak melarang sang istri jika benar-benar ingin terjun ke dunia politik.

"Kalau istri mau, masak suami melarang. Ini belum jauh ke teknis, hanya namanya di survei, munculnya bagus, itu aja," ungkapnya.


Survei IPRC

Ilustrasi Survei
Ilustrasi Survei (Freepik/Rawpixel)

Lembaga survei menyebut nama Atalia Praratya masuk bursa Pilwalkot Bandung. Elektabilitasnya berada di urutan kedua setelah petahana, Yana Mulyana. Hasil survei IPRC sempat menunjukkan naik turunnya elektabilitas antara Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dan Atalia Praratya sebagai tokoh potensial di Pilwalkot Bandung 2024.

Bahkan, pada periode survei 20 hingga 30 Juli 2022, elektabilitas Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, paling tinggi dibandingkan tokoh lainnya, termasuk Yana Mulyana.

Atalia Praratya mendapatkan 18,8 persen, sedangkan Yana Mulyana 18 persen. Kemudian disusul tokoh lainnya seperti M Farhan, Budi Dalton, dan Raffi Ahmad.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya