5 Seruan Pers dari Sumut pada HPN 2023

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dipusatkan di Sumatera Utara (Sumut) menjadi momen penting bagi para komponen pers di Tanah Air untuk menyampaikan 5 seruan pers.

oleh Reza Efendi diperbarui 07 Feb 2023, 19:15 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2023, 19:15 WIB
Wartawan senior, War Djamil
Seruan Pers dari Sumut itu disampaikan wartawan senior, War Djamil

Liputan6.com, Medan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dipusatkan di Sumatera Utara (Sumut) menjadi momen penting bagi para komponen pers di Tanah Air untuk menyampaikan 5 seruan pers.

Seruan Pers dari Sumut itu disampaikan wartawan senior, War Djamil, diikuti komponen pers yang hadir pada Seminar Seruan Pers dari Sumut di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, Selasa (7/2/2023).

5 Seruan Pers yaitu, pertama, pers berkomitmen kejadian pada Pemilu (Pemilihan Umum) sebelumnya yang menyebabkan keterbelahan bangsa tidak terjadi kembali, sehingga pers tidak terseret menjadi buzzer salah satu pihak.

Kedua, pers selalu berkomitmen selalu berpegang pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam melakukan kerja jurnalistik. Ketiga, insan pers selalu menjaga komitmen menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Keempat, pers tidak terjebak pada euforia arus informasi sosial media yang sering berisi berita-berita yang kebenarannya susah dipertanggungjawabkan. Kelima, mendorong dewan pers untuk selalu menjaga marwah kehidupan pers Indonesia, agar tetap berdiri sebagai pilar demokrasi Indonesia.

"HPN 2023 sangat strategis, karena menjelang Pemilu 2024. Pers diharapkan berfungsi sebagai mana mestinya, menjadi pilar demokrasi, hanya berpihak pada kebenaran dan kepentingan umum, kita berharap pengalaman lima tahun lalu tidak terulang lagi," kata War Djamil.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Peran Pers Sangat Penting

Seminar Seruan Pers
Seminar Seruan Pers dari Sumut di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, Selasa (7/2/2023)

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu mengatakan, peran pers sangat penting pada Pemilu atau pemilihan apapun. Pers berfungsi mengedukasi masyarakat saat Pemilu.

"Publik diajak belajar tidak marah ketika calon yang didukung memiliki kelemahan dan publik diajarkan tidak terlalu euforia dengan kegembiraan ketika yang tidak didukung punya kelebihan," kata Ninik.

Ninik juga mengatakan, kebebasan pers merupakan bagian dari kebebasan berpendapat yang dijamin Undang-Undang 1945.

"Di Pasal 15 Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 diatur tentang kebebasan pers," ujarnya.


Tegakkan Nilai Demokrasi

Seminar Seruan Pers
Hadir dalam seminar, komponen pers yang berasal dari seluruh Indonesia, mahasiswa, hingga komunitas

Diungkapkan Ninik, peran pers menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi. Nilai dasar demokrasi adalah mengakui serta menganggap wajar keanekaragaman.

"Kalau ada media yang memiliki pemberitaan berafiliasi pada agama tertentu, enggak bisa, mesti ada keberagaman, inilah masyarakat sekarang diberi pilihan media yang sangat beragam. Pemahaman publik terhadap media itu nanti yang menentukan, masyarakat kita sudah cerdas," Ninik menandaskan.

Hadir dalam seminar, komponen pers yang berasal dari seluruh Indonesia, mahasiswa, hingga komunitas. Turut menjadi pembicara seminar, Sejarawan Universitas Medan Ichwan Azhari, Sejarawan Universitas Padjajaran, Nina Herlina, dan Sejarawan Pers, Wannofri Samry.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya