Kronologi Pedagang Kopi Tusuk Satpol PP di Thamrin

Pada Kamis (23/02/2023) siang terjadi sebuah peristiwa penusukan di daerah MMH. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Peristiwa mengerikan tersebut dilakukan oleh seorang pedagang kopi keliling kepada seorang anggota Satpol PP.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 24 Feb 2023, 18:58 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 18:58 WIB
Dramatis! Detik-detik Starling Tusuk Satpol PP di Thamrin
Dramatis! Detik-detik Starling Tusuk Satpol PP di Thamrin

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa penusukan di daerah MH. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, terjadi pada Kamis (23/2/2023) siang. Insiden tersebut dilakukan oleh seorang pedagang kopi keliling kepada seorang anggota Satpol PP.

Melansir dari Antara, Kepala Satpol PP DKI Arifin mengatakan, kronologi kejadian tersebut berawal dari anggotanya yang tengah menegur serta menghalau pedagang kopi karena tidak bisa melalui jalan yang hendak ia lewati.

Pihaknya juga menjelaskan jika penusukan itu terjadi akibat pedagang kopi tersebut tidak terima dengan teguran tersebut. Adapun tindakan kekerasan kepada anggota Satpol PP tersebut bahkan terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Terlihat pelaku berlumuran darah dan anggota Satpol PP yang lain berusaha menghentikan tindakan pedagang kopi tersebut.

“Yang bersangkutan tidak terima kemudian ada tindakan kekerasan, kriminalitas, karena petugas kami ini sesungguhnya dalam posisi mengingatkan, bukan dalam posisi penindakan, hanya menghalau,” kata Arifin dikutip Jumat (24/2/2023).

Adapun pedagang kopi keliling tersebut menggunakan tusukan es untuk melukai petugas. Setelah itu, ia berhasil diamankan petugas. Namun, setelah diamankan pedagang tersebut justru mengambil gunting yang biasa digunakan untuk menggunting kemasan kopi untuk melukai petugas.

“Awalnya menggunakan tusukan es, tetapi itu bisa diamankan tusukan esnya, kemudian yang bersangkutan ambil lagi gunting yang biasa digunakan menggunting kopi kemasan,” ujar Arifin.

Anggota Satpol PP tersebut sudah mencoba mempertahankan diri. Namun tangan kiri pada area bawah sikunya tertusuk hingga menembus ke belakang. Pedagang kopi keliling bernama Abdurrohman tersebut akhirnya berhasil ditangkap.

Saat ini kondisi dari anggota Satpol PP berinisial BRW tersebut pun dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk mendapatkan perawatan. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya