Sungai Jalin, Destinasi Wisata Aceh Bekas Tempat Latihan GAM 

Lokasi tersebut kini menghadirkan udara sejuk dari hijaunya alam dan segarnya air sungai.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 27 Feb 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi air, sungai
Ilustrasi air, sungai. (Sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Aceh - Sungai Jalin berlokasi di Desa Jalin, Kabupaten Jantho, Aceh Besar, Aceh. Pada 2010, nama daerah ini sempat populer karena dijadikan lokasi latihan teroris.

Selain teroris, tempat ini juga pernah menjadi lokasi basis Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ketika masa konflik terjadi dan melanda Provinsi Aceh. Sementara pada 2009-2010, konon wilayah ini pernah digunakan oleh para teroris untuk berlatih.

Kala itu, saling tembak antara polisi dan teroris pun sempat pecah beberapa hari. Beberapa korban berada di pihak polisi.

Banyak teroris yang berjatuhan selama perburuan di berbagai tempat. Bahkan, beberapa terduga teroris juga ditangkap.

Meski memiliki cerita masa lalu yang kelam, kini lokasi tersebut telah menunjukkan sisi keindahannya yang lain. Lokasi tersebut kini menghadirkan udara sejuk dari hijaunya alam dan segarnya air sungai.

Untuk sampai ke Sungai Jalin, pengunjung harus melewati waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Banda Aceh. Saat ini, akses menuju ke lokasi sudah dipermudah karena telah dibuat jalan aspal yang mulus.

Dari ibu kota provinsi Aceh, pengunjung dapat memacu kendaraan ke arah timur menuju ke Kota Jantho, ibu kota Kabupaten Aceh Besar. Sesampainya di Kota Jantho, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan melewati kantor bupati.

Setelah lewat perkantoran tersebut dan menemukan persimpangan, pengunjung bisa berbelok ke kanan. Sayangnya, untuk menuju ke sungai yang berada di bawah bukit Jalin ini tidak ada penunjuk arah.

Perjalanan menuju ke Sungai Jalin ini akan ditemani oleh hamparan sawah hijau di kiri dan kanan jalan. Sementara di depan mata, pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi akan memanjakan mata.

Aliran air di Sungai Jalin mengalir lumayan deras. Meski demikian, lokasi ini masih sangat aman untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Selain Sungai Jalin, pengunjung juga bisa menikmati destinasi wisata Aceh lainnya, yakni Bukit Jalin. Bukit Jalin menawarkan keindahan padang rumput yang hijau.

(Resla Aknaita Chak)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya