Primaya IVF Makassar kini Hadirkan Layanan Fertilitas dan Bayi Tabung

Kini warga Sulawesi Selatan tak perlu lagi ke luar negeri untuk mengikuti program bayi tabung.

oleh Fauzan diperbarui 12 Mar 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2023, 17:15 WIB
Primaya IVF Makassar (Liputan6.com/Fauzan)
Primaya IVF Makassar (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Primaya Hospital Makassar menggelar kegiatan relaunching Primaya IVF Makassar yang merupakan layanan fertilitas atau bayi tabung pada Minggu (12/3/2023). Kini masyarakat Kota Daeng bahkan di Sulawesi Selatan tak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta atau luar negeri jika hendak memiliki keturunan melalui program bayi tabung. 

Sebelumnya, Primaya IVF Makassar memang diketahui telah mengumumkan renovasi besar-besaran terhadap layanan IVF yang berlokasi di Lantai 9, Primaya Hospital Makassar. Selain itu, Primaya IVF juga memutuskan untuk mengoperasikan layanan fertilitas secara mandiri, dengan menggunakan bendera Primaya IVF Makassar, di bawah naungan PT Anugerah Bangsa Indonesia.

Direktur Utama PT. Anugerah Bangsa Indonesia, Ade Gustian Yuwono mengatakan bahwa selama 5 tahun terakhir Klinik IVF di Rumah Sakit Primaya Makassar, yang di saat awal berdirinya bekerja sama dengan operator IVF lain, telah melayani lebih dari 4.000 pasien. Dimana lebih dari 1,500 di antaranya telah terkonversi menjadi Cycles IVF hingga saat ini.

"Saat ini kami telah melakukan peningkatan fasilitas maupun kapasitas Klinik Primaya IVF, dilengkapi dengan teknologi terbaru dan tim dokter yang ahli di bidang fertilitas, tujuan kami untuk dapat melayani lebih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan bayi tabung," kata Ade dalam keterangannya, Minggu (12/3/2023).

Usai renovasi besar-besaran dan relaunching ini, lanjutnya, Primaya IVF Makassar diproyeksikan dapat melayani 2000 pasien peserta program fertilitas setiap tahunnya. Di mana 500 cycles di antaranya merupakan program bayi tabung atau IVF, dan tingkat keberhasilan atau pregnancy rate yang dituju di atas 50%.

"Kami hadir kembali setelah melakukan renovasi total dan pembaruan teknologi bayi tabung yang digunakan, di antaranya meliputi program IUI, IVF dengan ICSI dan IMSI, analisa kromosom modern dengan teknologi PGT-A, Timelapse Incubator, teknologi ERA / MIRA untuk Embryo Transfer yang optimal, Embryo - Sperm-Oocyte Preservation dan sebagainya," ucapnya.

Tak hanya itu Primaya IVF Makassar siap melayani dengan tim klinisi yang baru di antaranya Prof. dr. John Rambulangi, SpOG, Subsp FER, Dr. dr. Samrichard Rambulangi, SpOG, Subsp. FER, dr. Nathalia V. Mappewali, Sp.OG, M.Kes. dan dr. Rahmawati Thamrin, Sp.And maupun jaringan dokter ahli lainnya di luar Kota Makassar.

"Dengan memutuskan untuk dikelola secara mandiri oleh tim Primaya IVF, kami yakin kualitas layanan dan hasil program fertilitas yang diberikan kepada pasien akan jauh lebih baik," tambah Ade lagi.

 


Fertility Sharing

Primaya IVF Makassar (Liputan6.com/Fauzan)
Primaya IVF Makassar (Liputan6.com/Fauzan)

Bersamaan dengan kegiatan relaunching ini, juga dilaksanakan Fertility Sharing dengan menghadirkan sejumlah Tokoh Bayi Tabung di antaranya adalah Bagian Smart IVF , dr Fachry Achmad Prodjokusumo

Fachry mengatakan bahwa kehadirannya selain sebagai bentuk dukungan kepada Primaya IVF  Makassar selaku advisory board leader, juga sekaligus untuk memberikan sharing terbaru terkait perkembangan IVF baik di Indonesia maupun di dunia.

Dalam kegiatan tersebut, dia menjelaskan bahwa di Indonesia kejadian infertilitas dialami oleh 12-15% atau 4-6 juta pasangan, dari 39,8 juta pasangan usia subur dan memerlukan pengobatan infertilitas untuk akhirnya bisa mendapatkan keturunan.

Faktor-faktor yang memengaruhi kesuburan dapat berasal dari faktor istri misalnya gangguan haid, miom, kista, sumbatan saluran telur maupun faktor suami di antaranya kelainan sperma dan gangguan pengeluaran sperma.

"Bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) menjadi metode reproduksi buatan yang paling efektif. Metode ini semakin populer di Indonesia, terbukti dari tingginya jumlah tindakan bayi tabung yang dijalankan," ucap Fachry.

Sementara itu, Direktur Primaya Hospital Makassar, dr Merry Monica mengatakan Hadirnya Primaya IVF di Kota Makassar merupakan bukti komitmen Primaya Hospital untuk terus bertumbuh mengikuti kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain memberikan fasilitas dengan teknologi yang mumpuni, Primaya IVF juga didukung oleh dokter dan tenaga medis yang profesional dan berpengalaman.

"Besar harapan kami, Primaya IVF dapat memberikan solusi kesuburan terpercaya bagi masyarakat khususnya pasangan suami istri di Kota Makassar dan sekitamya," jelasnya

Renovasi menyeluruh dan relaunching Primaya IVF Makassar ini menegaskan komitmen penuh Primaya Hospital Group untuk mengutamakan pelayanan kepada pasien sehingga mampu bersaing dengan fasilitas IVF lainnya termasuk fasilitas IVF di luar negeri.

"Tentu saja kami senantiasa terus meningkatkan good quality of service dan good quality of outcome " ujar Merry.

Dengan mengusung hashtag #KehamilankuPilihanku, selain mempunyai teknologi terdepan di bidang bayi tabung, termasuk terapi pelengkap adjuvant fertility, kendali program fertilitas berada di tangan pasien. Sistem terintegrasi yang telah dibangun juga akan memudahkan pasien dalam melakukan pencarian informasi, booking konsultasi secara mandiri maupun pendaftaran layanan mandiri dan pasien dapat memantau perkembangan embrio dari manapun.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya