Resep Malfouf untuk Menu Berbuka Puasa Hari Ini, Hemat Sehat Lezat

Malfouf jadi salah satu makanan tradisional Palestina yang cukup mudah dibuat sekaligus menyehatkan.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 24 Mar 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2023, 11:00 WIB
Malfouf, Makanan khas Ramadan dari Palestina
Malfouf terbuat dari daun kol atau kubis yang direbus dan diisi dengan berbagai lauk lainnya, sesuai selera. (Foto: Foodaciously)

Liputan6.com, Jakarta - Bingung mencari ide menu berbuka puasa hari ini? Jangan khawatir, ada Malfouf yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Caranya juga cukup mudah, lho.

Malfouf adalah salah satu makanan khas Ramadan dari Palestina. Biasanya, setiap keluarga di Palestina memiliki resep Malfouf andalannya masing-masing.

Makanan tradisional yang satu ini juga cukup mudah dibuat sekaligus menyehatkan. Kamu bisa menggunakan berbagai bahan yang ada di rumah. Yang perlu diingat adalah, bahan utamanya adalah daun kol atau kubis.

Selain daun kol, kamu membutuhkan beberapa jenis makanan lain yang digunakan sebagai isian. Misalkan saja, campuran nasi dengan ikan tuna atau daging. Sesuaikan saja dengan selera.

Jangan lupa tambahkan bumbu-bumbu rempah termasuk bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan sedikit kaldu bubuk. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak salah satu ide resep Malfouf berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Resep Malfouf

Malfouf, makanan tradisional Palestina yang biasanya muncul saat Ramadan.
Malfouf makanan tradisional Palestina ini bisa jadi salah satu menu ide berbuka puasa yang sehat. (Foto: Grandbaby Cakes)

Bahan Rempah:

1 sdt jintan

1 sdt kayu manis

Bahan Isian:

100 gr beras merah

80 gr lentil kering (bisa diganti dengan kacang lainnya)

2 buah Tomat

2 siung bawang merah

Bahan Kaldu:

2 sdm minyak zaitun

4 siung bawang putih

Bahan Kulit:

1 kubis putih

Cara:

1. Cuci kubis, belah menjadi dua bagian dan singkirkan bagian tengahnya dengan menggunakan pisau. Kemudian, rebus selama 30-40 menit.

2. Cuci beras merah dan lentil kering, dan rendam dengan air hangat.

3. Potong tomat dan bawang menjadi dadu halus lalu campurkan dengan setengah bumbu rempah di dalam wadah.

4. Tiriskan kol yang sudah matang dengan hati-hati dan mulailah mengupas daun terluarnya.

5. Tiriskan nasi dan lentil yang sudah direndam, tambahkan ke dalam mangkuk, masukan tomat dan bawang yang sudah dibumbui. Tambahkan garam sesuai selera dan campurkan semuanya.

6. Isi selembar daun kol dengan satu sendok makan campuran nasi merah, kacang dan bumbu. Kemudian gulung perlahan hingga rapat.

7. Panaskan panaskan minyak dalam panci yang dalam, tambahkan bawang putih cincang dan tumis hingga harum.

8. Masukan kubis yang sudah digulung, susun dalam panci, tambahkan air hingga permukaan kubis tertutup, masukan sisa bumbu, masak selama 30-45 menit, sampai isian Malfouf matang. Sajikan.

Itu dia resep membuat Malfouf. Kamu bisa mengganti isian dengan daging yang sebelumnya sudah ditumis dan sayuran lainnya.

Kambu bahkan bisa mengganti cara mengolahnya. Jika tidak ingin menggunakan kuah, kamu bisa memanggangnya sebentar untuk mendapatkan tekstur yang sedikit renyah seperti gyoza. Gimana, mudah kan?

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya