Suka Makanan Gurih, Segar, dan Berempah? Jangan Lewatkan 8 Makanan Khas Labuan Bajo Ini, Ya!

Labuan Bajo memiliki beragam kuliner menarik, yang tak kalah dengan daerah lainnya. Beberapa di antaranya terbuat dari ikan laut.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 14 Mei 2023, 10:11 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 10:11 WIB
Ilustrasi Keindahan Alam Indonesia
Keindahan Pulau Padar, Labuan Bajo. (Bola.com/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sejak lama Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, selain Bali. Ada sejuta pesona Labuan Bajo yang mampu memikat hati banyak orang, termasuk kulinernya.

Labuan Bajo memiliki beragam kuliner menarik, yang tak kalah dengan daerah lainnya. Namun seperti daerah timur Indonesia lain, beberapa kuliner Labuan Bajo juga terbuat ikan laut.

Tapi, jika kamu bukan penggemar berat ikan, masih ada makanan lain yang bisa kamu nikmati. Mulai dari roti khasnya, ada Jagung Bose pengganti nasi, dan lainnya.

Seperti apa kuliner khas Labuan Bajo? Berikut ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


8 Makanan Khas Labuan Bajo yang Sayang Dilewatkan

[Bintang] Nusa Tenggara
Kolo, kuliner Labuan Bajo, Flores, NTT. (Sumber Foto: sportourism.id)

1. Kompiang

Kompiang merupakan roti khas Labuan Bajo. Sekilas, roti ini serupa roti burger dengan taburan biji wijen pada bagian atasnya.

Namun bedanya, roti ini teksturnya lebih keras ketimbang roti burger. Kamu bisa menikmatinya dengan teh hangat, cokelat dingin, atau kopi.

Selain itu, Kompiang juga bisa kamu jadikan oleh-oleh, lho.

2. Rebok

Rebok merupakan camilan khas Labuan Bajo. Namun teksturnya agak unik, karena bubuk. Meski bisa dinikmati langsung, namun biasanya Rebok dimakan bersama roti susu dan alpukat.

Cemilan unik ini terbuat dari tepung beras yang dicampur kelapa parut. Rasanya yang gurih, cocok untuk digunakan sebagai taburan berbagai makanan manis.

3. Jintan

Jintan juga salah satu cemilan khas Labuan Bajo yang sayang buat dilewat. Makanan yang satu ini terbuat dari campuran tepung, mentega, telur, jintan, perasa.

Teksturnya yang renyah membuat makanan ini disukai banyak orang. Kamu bahkan bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional.

4. Sambal Ikan Teri

Makanan khas Labuan Bajo lainnya yang wajib dicicipi adalah Sambal Ikan Teri. Sambal dengan campuran teri yang renyah ini cocok dinikmati bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya.

Dari sambal khas Labuan Bajo ini, kamu bisa mendapatkan sensasi rasa pedas, gurih bertekstur.

 

 


Selanjutnya

[Bintang] Nusa Tenggara
Ikan kuah asam, kuliner Labuan Bajo, Flores, NTT. (Sumber Foto: nunungmartiani/Instagram)

5. Kolo

Kolo adalah makanan khas Labuan Bajo yang serupa dengan nasi bakar. Namun proses pembuatannya sedikit berbeda.

Bentuk Kolo lebih mirip dengan lontong, karena sebelum dibakar, nasi yang sudah dibumbui dimasukan dalam lubang bambu. Pembakaran yang digunakan pun khusus.

Tapi secara umum, Kolo adalah nasi bakar khas Labuan Bajo yang kaya akan rempah.

6. Sup Ikan Kuah Asam

Buat pecinta ikan, pastikan untuk tidak melewatkan makanan khas Labuan Bajo yang satu ini. Sup Ikan Kuah Asam menjadi salah satu makanan kebanggaan warga lokal.

Makanan khas ini diolah dengan menggunakan beragam rempah, termasuk belimbing wuluh yang membuat rasanya menjadi semakin kaya. Makanan ini paling cocok dinikmati dengan nasi hangat.

7. Banana Cake

Jangan lewatkan juga Banana Cake khas Labuan Bajo. Cake ini sangat istimewa karena bahan yang digunakan hingga cara meraciknya pun berbeda dengan cake pisang kebanyakan.

Bahan utamanya yang berupa pisang, kenari, dan kayu manis berasal dari Manggarai. Hingga bisa dipastikan, cake istimewa ini tidak akan kamu temukan di daerah lain.

8. Jagung Bose

Kuliner khas Labuan Bajo lain yang bisa kamu cicipi adalah Jagung Bose. Sesuai dengan namanya, bahan utama makanan ini adalah jagung.

Jagung yang sudah ditumbuk dengan lesung, kemudian dimasak bersama campuran kacang merah dan santan serta berbagai bumbu lainnya. Makanan ini biasanya digunakan sebagai pengganti nasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya