Profil Dyah Ayu Ardhana, Remaja 15 Tahun yang Lolos ke Fakultas Kedokteran UI

Dyah Ayu Ardhana menjadi mahasiwa termuda di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan usianya yang baru menginjak 15 tahun.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 11 Jul 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023, 11:54 WIB
Dyah Ayu Ardhana
Dyah Ayu Ardahan, Sumber: fk.ui.ac.id

Liputan6.com, Bandung - Saat ini masyarakat Indonesia tengah takjub dengan salah satu remaja Indonesia berusia 15 tahun yang berhasil lolos ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Adapun remaja tersebut bernama Dyah Ayu Ardhana Reswari.

Melansir dari fk.ui.ac.id remaja berusia 15 tahun ini lolos ke FKUI melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Sebelumnya, Dyah diketahui sempat gagal ketika mengikuti seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Namun, tanpa pantang menyerah ia terus mencoba dan mengikuti seleksi jalur lain yang membuktikan bahwa perjuangannya berhasil. Dyah Ayu Ardhana pun mengungkapkan jika keberhasilannya diikuti dengan beberapa usaha lainnya seperti latihan soal dan belajar dari kesalahan.

"Saya sering mengerjakan latihan soal, mengikuti tryout, dan me-review hasil ujian. Review inilah yang paling penting karena dengan melihat letak kesalahan saat latihan atau tryout, saya bisa mempelajari lagi materi yang kurang dimengerti," ujar Dyah.

Keinginannya untuk bisa belajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia adalah salah satu impian baginya. Bahkan ia mengungkapkan banyak yang bilang jika impiannya tidak realistis namun dengan dukungan orang tua dan teman-temannya Dyah terus melangkah dan berusaha.

“Dulu, banyak yang bilang impian saya untuk masuk FKUI terlalu idealis dan tidak realistis. Namun, alhamdulilah, berkat dukungan orang tua dan teman-teman, saya memberanikan diri untuk memilih FKUI di SNBT. Walaupun nilai tryout masih kurang, saya tetap berusaha, dan saya pun berhasil. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin kalau kita berusaha dan yakin!,” ujar mahasiswa termuda FKUI itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Dyah Ayu Ardhana Reswari

Dyah Ayu Ardhana Reswari menjadi mahasiswa termuda di Fakultas Kedokteran UI karena umurnya yang baru menginjak 15 tahun. Meskipun menjadi yang termuda Dyah ternyata sudah terbiasa untuk disiplin sejak ia kecil.

Mengutip dari fk.ui.ac.id Dyah sudah masuk sekolah dasar pada umurnya baru menginjak 4 tahun 10 bulan. Adapun ia mengikuti program kelas akselerasi dan menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama dalam waktu 2 tahun.

Tidak hanya berkonsentrasi pada bidang akademik Dyah juga diketahui turut menyeimbangkan dengan bidang non-akademik lainnya. Ia juga diketahui aktif dalam beberapa organisasi di sekolahnya.

Dyah pernah menjabat menjadi sekretaris 1 MPK di SMAN 1 Cileungsi, Ketua Umum Komunitas MPK Kabupaten Bogor, serta Sekretaris Komisi Kaderisasi Forum MPK Jawa Barat.

Beberapa ekstrakulikuler yang turut aktif Dyah ikuti diantaranya Ekskul Band Musik, Rohis Japanese Club, serta English Club. Remaja berusia 15 tahun ini juga pernah menjuarai kompetisi Spelling Bee Cendana English Competition serta lolos menjadi Duta Hukum HAM Jawa Barat.

Melansir dari akun LinkedIn-nya, Dyah pernah menempuh pendidikan di SD Eka Wijaya 2 Cibubur, SMP Al Azhar Syifa Budi Cibubur Cileungsi, dan SMAN 1 Cileungsi. Kini, ia menjadi mahasiswa termuda di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya