Jadwal dan Keutamaan Puasa Muharam: Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh

Pada bulan Muharram 2023, puasa Tasua (9 Muharram) dilaksanakan pada 27 Juli 2023.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 19 Jul 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 18:00 WIB
Keutamaan Puasa di Bulan Muharam
Ilustrasi Membaca Al Qur’an Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Yogyakarta - Masyarakat Muslim memasuki tahun baru Hijriyah 1 Muharam pada 19 Juli 2023. Pada awal bulan pertama Hijriah itu, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Meski merupakan puasa sunah, tetapi puasa ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menyebut, puasa pada bulan Muharram setingkat di bawah puasa Ramadan.

"Puasa paling utama setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yakni Muharram. Sementara salat paling utama setelah salat fardu adalah salat malam," sabda Rasulullah SAW.

Mengutip dari nu.or.id, dalam kitab 'Tuhfatul Ahwadzi', Syarah atas 'Kitab Sunan Tirmidzi', Imam Almubarakfuri menulis bahwa puasa di bulan Muharram ada tiga jenis. Ketiga puasa tersebut dilakukan pada hari ke-9 Muharram (puasa Tasua), 10 Muharram (puasa Asyura), dan 11 Muharram.

Pada bulan Muharram 2023, puasa Tasua (9 Muharram) dilaksanakan pada 27 Juli 2023. Sementara itu, puasa Asyura (10 Muharram) dilaksanakan pada 28 Juli 2023.

Adapun puasa 11 Muharram dilaksanakan pada 29 Juli 2023. Selain itu, juga terdapat puasa Ayyamul Bidh (13, 14, dan 15 Muharram) yang dilaksanakan pada 31 Juli-2 Agustus 2023. Puasa Ayyamul Bidh juga dilaksanakan pada tanggal-tanggal tersebut di bulan lainnya.

Puasa Muharam yang paling utama dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Namun, umat muslim boleh menjalankan puasa Tasua dan puasa Asyura saja, atau hanya puasa Asyura saja.

Puasa saat bulan Muharram memiliki banyak keutamaan. Selain menjadi puasa yang paling utama, puasa Muharram juga termasuk dalam keutamaan berpuasa dalam bulan-bulan mulia atau al-asyhurul hurum.

Selain itu, puasa sehari dalam bulan Muharrram pahalanya sama dengan puasa 30 hari. Khusus puasa Asyura atau pada 10 Muharram, akan menjadi pelebur dosa setahun yang telah lewat.

Keutamaan lainnya adalah puasa Tasua pada 9 Muharram dan puasa 11 Muharram yang dijadikan sebagai pelengkap puasa Asyura pada 10 Muharram, menjadi pembeda umat Islam dengan umat Yahudi yang sama-sama berpuasa di hari Asyura. Karena memiliki banyak keutamaan, banyak umat muslim yang menantikan kehadiran bulan Muharram untuk menjalankan ibadah puasa.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya