Salam Pagi dari Kampung Merah Putih Bone Bolango Sambut HUT ke-78 RI

Kampung Merah Putih Bone Bolango bersiap menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 17 Agu 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 06:00 WIB
Kampung Merah Putih
Gerbang kampung merah putih Desa Bongoime, Kecamatan Tilongkabila (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 78, disambut antusias masyarakat seluruh indonesia. Salah satunya Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo.

Euforia peringatan HUT Proklamasi ini, terlihat pada saat warga antusias mempersiapkan segala sesuatu. Mulai dari pemasangan bendera, umbul-umbul hingga pernak-pernik kemerdekaan.

Dekorasi dengan nuansa merah putih, berjajar rapi di sepanjangan jalan di daerah ujung timur Gorontalo itu. Sebagian lagi, warga bahu-membahu mengecat pagar merah putih yang berada di tepian jalan trans-Sulawesi.

Namun, ada desa yang paling menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Bonebol. Namanya Desa Bongoime, Kecamatan Tilongkabila. Mereka menamakan desa itu dengan kampung merah putih.

Seperti namanya, desa kecil itu kini disulap oleh warganya menjadi kampung merah putih. Warga yang dibantu pemerintah desa, gotong royong membantu agar desa mereka bisa diakui menjadi kampung merah putih.

Saat mendatangi desa tersebut, kita sudah disambut dengan gerbang yang bertuliskan selamat datang di kampung merah putih. Saat memasuki gerbang, kita bisa melihat pernak pernik HUT proklamasi di setiap yang terpampang di setiap rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

kampung merah putih Desa Bongoime
Drainase kampung merah putih Desa Bongoime, Kecamatan Tilongkabila (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Tidak hanya itu, drainase yang terlihat biasa saja juga ikut dipercantik dengan nuansa merah putih. Alhasil, drainase yang selama ini menjadi irigasi persawahan, kini menjadi tempat swafoto yang ciamik.

"Ternyata warga desa sangat menghargai makna dari HUT RI, dan itu kami akui, rasa nasionalisme sangat tinggi," kata Simon Panigoro Kepala Desa Bongoime.

Menurutnya, jika kampung merah putih tersebut atas inisiatif pemerintah Kecamatan Tilongkabila. Setelah itu, dirinya bersama warga langsung membuat kampung itu menjadi merah putih.

"Alhasil, semua adalah persatuan dan kerjasama antar warga. Meski hanya swadaya mereka menghargai dan menjunjung rasa nasionalisme," ujarnya.

Dirinya berharap, kampung merah putih ini tidak hanya sampai tahun ini. Kedepan bisa meriah lagi dan semua warga, bisa berkontribusi dengan baik.

"Kedepan akan saya buat lebih meriah lagi dan itu didukung oleh warga. Sebab, menurut kegiatan ini merupakan penghargaan bagi para pejuang kemerdekaan bangsa," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya