PDIP Kumpulkan Kepala Daerah Kader Se-Jateng, Gibran Tak Diundang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tak diundang DPD PDIP Jawa Tengah yang menggelar konsolidasi kepala daerah kader PDIP.

oleh Fajar Abrori diperbarui 16 Agu 2023, 09:40 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2023, 09:40 WIB
Prabowo Subianto, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, dan Gibran Rakabuming berbincang-bincang di ruang tunggu bandara sambil menunggu kedatangan Presiden Jokowi
Prabowo Subianto, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, dan Gibran Rakabuming berbincang-bincang di ruang tunggu bandara sambil menunggu kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Bandara Adi Soemarmo, Senin 24 Juli 2023. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Solo - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak diundang DPD PDIP Jawa Tengah dalam konsolidasi kepala daerah kader PDIP di Hotel Padma Semarang pada Selasa (15/8/2023) malam. Lantaran tidak diundang, Gibran pilih menghadiri malam grand final pemilihan Putra Putri Solo 2023 di Lokananta, Solo.

Putra sulung Presiden itu menghadiri acara grand final pemilihan Putra-Putri Solo didampingi istri tercinta Selvi Ananda. Seperti diketahui Selvi merupakan Putri Solo yang terpilih dalam ajang pemilihan Putra-Putri Solo tahun 2009 silam.

“Aku malah ra ngerti ono (tidak tahu ada) konsolidasi,” kata putra sulung Presiden Jokowi itu ketika ditemui di acara grand final pemilihan Putra-Putri Solo di Lokananta, Solo pada Selasa malam (15/8/2023).

Absennya dalam kegiatan konsolidasi yang digelar DPD PDIP Jawa Tengah itu menurut Gibran karena dirinya memang tidak menerima undangan. Selain itu Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Bambang Pacul juga tidak memberitahu dirinya tentang acara itu.

“Tidak ada undangan masuk itu. Beliau belum menghubungi saya. Saya malah nggak tahu ada konsolidasi,” akunya.


Tak Kecewa

Rapat yang dihadiri kepala daerah kader PDIP di Jawa Tengah itu bertajuk ‘Konsolidasi Pikir Kepala Daerah Kader partai dalam Menghadapi Situasi Saat ini dan Menuju Pemilu 2024’. Gibran menduga kepala daerah yang diundang dalam konsolidasi itu merupakan kader yang tergolong senior. Sedangkan dirinya merupakan anak yang masih kecil.

Oh yo wis (kalau kepala daerah pada datang). Ya ndak apa-apa (tidak diundang). Mungkin yang diundang yang senior-senior, yang ingusan tidak diundang. Nunggu arahan saja,” ucap dia.

Gibran pun memastikan akan hadir jika dirinya menerima undangan konsolidasi kader yang diselenggarakan DPD PDIP Jateng. Meskipun tidak diundang, ia mengaku tidak kecewa karena menyadari bahwa dirinya bukan kader senior.

Lha ngapa (kecewa)? Nggak apa-apa,” katanya.

Meskipun tidak hadir dalam konsolidasi itu, Gibran sempat bertemu dengan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo pada Selasa, 15 Agustus 2023. Dalam pertemuan itu juga tidak menyinggung terkait undangan acara pertemuan kepala daerah se-Jawa Tengah kader PDIP di Semarang. Ia dan FX Rudy hanya membahas terkait rencana kegiatan partai di Solo.

“Itu kan konsolidasi lokal (pertemuan dengan FX Rudy). Di Pucangsawit (kediaman FX Rudy) membahas acara tanggal 19 (Agustus) besok soal tiga pilar biasa lah,” ucapnya.

Seperti diketahui undangan peserta rapat ditandatangani oleh Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto dan Seketaris Sumanto Adapun kepala daerah yang hadir dalam pertemuan itu di antaranya Bupati Klaten Sri Mulyani, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Kemudian Bupati Grobogan Sri Sumarni, Wali Kota Semarang Hevearita G Rayahui, Bupati Semarang Ngesti Nugraha dan kepala daerah lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya