Profil Lamine Yamal, Dijuluki Bocah Ajaib yang Gendong Barcelona

Sosok Lamine Yamal tengah menjadi perhatian penggemar sepak bola karena performanya yang sangat bersinar bersama Barcelona.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 28 Agu 2023, 13:39 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2023, 13:35 WIB
Lamine Yamal
Lamine Yamal mendapatkan debut di tim senior Barcelona pada usia 15 tahun, Minggu (30/4/2023) dini hari WIB. (Dok. FC Barcelona)

Liputan6.com, Bandung - Sosok pemain sepak bola muda Lamine Yamal kini menjadi sorotan setelah ia dijuluki pahlawan untuk kemenangan dramatis antara Barcelona vs Villarreal. Pertandingan yang berlangsung pada Minggu (27/8/2023) tersebut memperlihatkan aksi gesit dari Yamal.

Lamine Yamal bahkan turut dijuluki sebagai bocah ajaib atau wonderkid Barcelona karena bakatnya tersebut. Beberapa penggemar menyebutkan Yamal berhasil berkontribusi dalam dua gol yang dicetak oleh Barcelona dalam pertandingan tersebut.

Pertandingan antara Barcelona vs Villarreal tersebut membawa kemenangan untuk Barcelona dengan skor 4-3. Saat ini, Yamal menjadi perhatian publik dan banyak di antaranya salut dengan performanya mengingat usia Lamine Yamal baru 16 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Lamine Yamal

Lamine Yamal
Lamine Yamal beraksi pada pertandingan Barcelona kontra Real Betis di Liga Spanyol 2022/2023. (Josep LAGO / AFP)

Melansir dari transfermarkt Lamine Yamal adalah pemain sepak bola kelahiran 13 Juli 2007 di Mataro, Spanyol. Ia mempunyai nama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana dan mempunyai tinggi badan 180 cm.

Lamine Yamal diketahui mempunyai orang tua berdarah Equatorial Guinea dari ibunya dan darah Maroko dari ayahnya. Lamine lahir di Spanyol dan diketahui mempunyai kewarganegaraan Spanyol.

Yamal saat ini baru menginjak usia 16 tahun dan berposisi sebagai penyerang sayap di klub Barcelona. Sebelumnya, Yamal juga sempat menjadi perhatian publik sejak September 2022 lalu.

Hal tersebut karena Yamal berhasil masuk ke dalam tim Juvenil A atau Barcelona U19 ketika usianya baru saja 15 tahun. Salah satu debutnya dalam Liga Spanyol adalah ketika bertanding dengan Real Betis.

Saat itu, sosoknya membuat rekor sebagai pemain termuda Barcelona yaitu berusia 15 tahun 290 hari di Liga Spanyol dan dijuluki sebagai wonderkid Barcelona. Ia telah bermain dengan Barcelona sebanyak empat kali dan mampu membuat satu assist.

Tak hanya bermain bersama Barcelona, Lamine Yamal juga pernah bermain di Timnas Spanyol. Di antaranya bermain bersama U15, U17, dan U19 yang turut menampilkan performanya yang sangat menarik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya