Danau Toba Jadi Inspirasi Google Doodle, Berikut Fakta di Baliknya!

Hari ini Google menampilkan Google Doodle yang terinspirasi dari Danau Toba.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 31 Agu 2023, 09:14 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2023, 09:14 WIB
Ilustrasi Danau Toba Tampil Sebagai Google Doodle Hari Ini 31 Agustus 2023
Danau Toba Tampil Sebagai Google Doodle Hari Ini 31 Agustus 2023. (Doc: Google)

Liputan6.com, Bandung - Laman pencarian Google pada hari Kamis (31/8/2023) menampilkan ilustrasi gambar Danau Toba yang ada di Indonesia. Jika melihat dari keterangannya Google Doodle ini bertajuk ‘Merayakan Danau Toba’.

Melansir dari situs resminya, Google menjelaskan alasannya menggunakan ilustrasi Danau Toba yaitu memperingati bagaimana Danau Toba diperingati sebagai Global Geopark UNESCO. Adapun Danau Toba termasuk kedalam danau terbesar dan terdalam di dunia.

"Doodle hari ini merayakan Danau Toba, di pulau Sumatera, Indonesia! Ini adalah danau kawah terbesar di dunia dan salah satu danau terdalam di dunia," tulis Google dalam situsnya.

Seperti diketahui Danau Toba merupakan danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba pada ribuan tahun lalu. Pemandangan indah yang diberikan oleh Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO sejak 2020 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Google Memperkenalkan Terbentuknya Danau Toba dan Budayanya

Danau Toba
Pemandangan Danau Toba dari Bukit Holbung (Reza EFendi/Liputan6.com

Google juga menjelaskan jika Danau Toba tercipta karena meletusnya Kaldera Toba lebih dari 74.000 tahun yang lalu. Letusan yang dahsyat tersebut membuat ruang magma gunung berapi runtuh dan membentuk pulau yang dikenal dengan Samosir.

Tidak hanya menjelaskan asal usul Danau Toba, Google juga memperkenalkan masyarakat Adat Batak Toba yang merupakan penghuni asli di wilayah danau tersebut. Serta menjelaskan bagaimana adanya desa-desa tradisional hingga tarian tradisional yang ada.

"Penting juga untuk mengenal Masyarakat Adat Batak Toba yang merupakan penghuni asli danau tersebut. Desa-desa tradisional mereka yang penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah menakjubkan menarik pengunjung yang penasaran dari berbagai penjuru. Di desa-desa, kita biasa melihat tarian tradisional seperti Tor-Tor dan souvenir ukiran kayu asli," tulis Google.

Selain memperkenalkan sejumlah kebudayaan yang ada, Google juga turut memperkenalkan beberapa aktivitas yang bisa diikuti oleh wisatawan. Mulai dari aktivitas luar ruangan yang memperlihatkan keajaiban alamnya.

"Banyak wisatawan juga mengunjungi Danau Toba karena berbagai aktivitas luar ruangan dan keajaiban alamnya yang menakjubkan," jelasnya.

Google turut memberikan beberapa aktivitas menarik bagi wisatawan mulai dari aktivitas di Huta Ginjang untuk bermain paralayang, bersantai di pantai atau berkayak melintasi danau, hingga menikmati pemandangan indah di Air terjun Sipiso-piso.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya