Warga Jiken Blora Gelar Unjuk Rasa di Lokasi Pembangunan Pabrik Kalsium

Warga Jiken Blora menggelar aksi unjuk rasa di lokasi pendirian pabrik kalsium yang masih tahap pengurukan, Selasa (3/10/2023).

oleh Ahmad Adirin diperbarui 04 Okt 2023, 07:47 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 07:47 WIB
Warga mengatasnamakan dari Karang Taruna Desa Jiken melakukan unjuk rasa di lokasi pendirian pabrik kalsium yang berada di Jl. Blora - Cepu KM 12, Desa Jiken, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)
Warga mengatasnamakan dari Karang Taruna Desa Jiken melakukan unjuk rasa di lokasi pendirian pabrik kalsium yang berada di Jl. Blora - Cepu KM 12, Desa Jiken, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Liputan6.com, Blora - Warga yang mengatasnamakan Karang Taruna Desa Jiken menggelar aksi unjuk rasa di lokasi pendirian pabrik kalsium yang masih tahap pengurukan, Selasa (3/10/2023) kemarin. Lokasi pendirian pabrik tersebut berada di Jalan Blora - Cepu KM 12, Desa Jiken, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Massa terlebih dahulu berkumpul di Balai Desa Jiken. Kemudian beramai-ramai menuju lokasi pabrik kalsium sekitar pukul 10.00 WIB dengan dikawal puluhan petugas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Mereka terlihat membawa sejumlah atribut seperti spanduk bertuliskan 'DUKUNG PEMBANGUNAN PABRIK, Suara Hati Warga Jiken'. Selain itu juga membawa sejumlah poster kertas bertuliskan ragam kalimat. 

Ketua Karang Taruna Desa Jiken, Agus Edi Santoso mengungkapkan, pihaknya melakukan demo bukan kaitan menolak dibangunnya pabrik kalsium di bawah PT Pentawira Agraha Sakti.

"Dari awal kita tidak pernah menolak adanya pabrik ini, kita dukung," kata Edi, panggilannya saat diwawancarai sejumlah wartawan di lokasi pendirian pabrik kalsium.

Menurutnya, aksi demo yang dilakukan Karang Taruna Desa Jiken karena dipicu adanya kekecewaan dari masyarakat terhadap pengurus pabrik di sini. Yaitu dianggapnya kurang sosialisasi, kurang bermasyarakat, dan kurang memperhatikan warga.

"Inilah yang muncul. Jadi jangan salah terima kalau kita ini menolak, tidak. Kita mendukung," ucapnya.

Edi mengaku, pihaknya selama ini kurang diajak komunikasi oleh pihak pabrik kalsium di desanya sendiri. Juga dinilai sosialisasinya pun terbatas.

"Sosialisasi itu pun di desa lain, yang dihadirkan sedikit warga," katanya.

 


Tanggapan Pihak Pabrik

Sementara itu, salah satu perwakilan pihak pabrik kalsium bernama Ramuji mengatakan, adanya demo yang dilakukan oleh warga mengatasnamakan Karang Taruna Desa Jiken, akan dikomunikasikan dengan pimpinan PT Pentawira Agraha Sakti.

"Nanti setelah Pak Alim dari luar negeri, nanti tak temukan dengan perwakilan masyarakat Jiken sama Karang Taruna. Insyaalloh bulan ini, clear," ucapnya.

Lebih lanjut, Ramuji juga menjawab kaitan alasan demo Karang Taruna Desa Jiken yang mengaku dipicu kurangnya komunikasi oleh pihak pabrik.

"Kita juga kurang tahu kok, karang taruna merapat kan baru satu dua minggu ini. Kemarin-kemarin kita nggak tahu, cuman desas-desus saja," katanya.

"Tapi kita kalau ada masukan tetap kita tanggepi," tandas Ramuji menambahkan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya