Waspada, Sebagian Besar Wilayah Sulut Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 23 Okt 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi Cuaca Buruk
Simak penjelasan terkait TMC yang kerap dilakukan di Indonesia saat cuaca sedang ekstrem. (pexels.com/Tom Fisk)

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di Sulut berpotensi dilanda cuaca ekstrem.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 24 Oktober 2023 mendatang," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle, Minggu (22/10/2023).

Dia berharap, warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Kami berharap warga berhati-hati terhadap potensi bencana tanah longsor, banjir ataupun pohon tumbang," katanya.

BMKG akan memberikan informasi terkini terkait dengan peringatan dini cuaca ekstrem secara berkala melalui kanal-kanal informasi yang tersedia.

Dia mengatakan, pada Minggu kemarin, cuaca ekstrem terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara. Juga di Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Selanjutnya pada Senin 23 Oktober 2023, berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Sedangkan, pada Selasa 24 Oktober 2023, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya