Wejangan Ketua PKK Pusat untuk Tekan Angka Stunting di Kaltim

Kedatangan Ketua TP PKK Pusat ini dalam rangka silaturahmi dengan kader PKK Kabupaten/kota se- Kaltim, yang digelar di di BSCC Dome Balikpapan.

oleh Apriyanto diperbarui 01 Nov 2023, 11:02 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 19:44 WIB
TP PKK
Kegiatan silaturahmi Ketua TP PKK Pusat dengan para kader PKK se Kaltim. (Apriyanto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Balikpapan - Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur, dr Yulia Zubir menyambut kedatangan Ketua PKK Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian di Kota Balikpapan, pada Selasa (24/10/2023). Kedatangan Ketua TP PKK Pusat ini dalam rangka silaturahmi dengan kader PKK Kabupaten/kota se- Kaltim, yang digelar di BSCC Dome Balikpapan.

Kegiatan silaturahmi yang turut dihadiri Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik ini dirangkai dengan pencanangan program kader bergerak melawan stunting atau karamunting.

Dalam sambutannya, Tri Suswati Tito Karnavian minta kepada pengurus dan kader PKK agar terus aktif dalam mencari atau membuat program yang bukan hanya untuk kepentingan para pengurus, tetapi berhubungan langsung dengan kesejahteraan masyarakat.

"Jangan nanti programnya bikin seragam, jalan-jalan, dan lainnya. Tapi kita harus berpikir bahwa program itu untuk kepentingan masyarakat. Misalnya penanganan stunting. Di Kaltim masih ada sekitar 5 ribu lebih anak stunting. Walau pun angkanya kecil, harus segera diatasi oleh PKK dengan program-programanya," ucap istri Menteri Dalam Negeri itu.

Dia juga menyampaikan terima kasih serta mengapresiasi kepada para ketua serta kader PKK di seluruh kabupaten/kota se- Kaltim atas kerja kerasnya selama ini dalam membantu program pemerintah. Hal itu menurutnya wajib dilakukan, karena PKK adalah mitra dari pemerintah dalam memajukan wilayah masing-masing.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PKK baik di Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kaltim. Inovasi-inovasi yang sudah dicapai oleh masing-masing pengurus dan kader patut dihargai," ungkapnya.

Tri Suswati juga menyebut, PKK adalah organisasi yang besar. Tidak ada di dunia ini organisasi seperti PKK yang bisa mencapai ke dalam rumah setiap orang, yaitu melalui dasa wisma.

"Setiap pengurus PKK itu bisa mengobrol atau memantau kehidupan masyarakat sampai ke dalam rumahnya, bahkan meja makannya. Tidak ada organisasi wanita selain PKK yang bisa melakukan itu. Oleh karenanya, mari kita terus bersinergi dengan pemerintah untuk ikut serta dalam membangun daerah," dia menegaskan.


Upaya Penyelesaian Permasalahan Stunting di Kaltim

Kader PKK Kota Balikpapan
Para kader PKK Kota Balikpapan hadir dalam kegiatan silaturahmi Ketua PKK Pusat, pada Selasa (24/10/2023) di BSSC Dome Balikpapan. (Apriyanto/Liputan6.com)

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sebagai pembina PKK sangat mengapresiasi PKK, di mana organisasi ini disebut dapat menyentuh hingga ke akar rumput.

"Ini adalah kesempatan yang bagus karena ibu ketua umum memberikan masukan kita bisa berkolaborasi. Banyak hal yang bisa dilakukan. Termasuk persoalan penyelesaian stunting. Tadi disampaikan bahwa di Kaltim ini ada 5 ribu yang terindikasi stunting, memang jumlah yang kecil, tapi potensinya besar," ungkapnya.

Selain masalah stunting, ada empat kelompok kerja (Pokja) lainnya yang harus turut di dukung. Untuk itu Akmal mengimbau kepada seluruh pengurus dan kader PKK kabupaten/kota di Kaltim untuk berkolaborasi.

"Ini adalah kesempatan yang baik bagi kita untuk bisa terus mengoptimalkan peran PKK menjadi mitra pemerintah yang lebih baik ke depan," dia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya