Mengenal Burung Kuau Raja, Ditemukan Kembali di Aceh Meski Telah Dinyatakan Punah

Burung Kuau Raja baru-baru ini ditemukan kembali di Aceh dan menjadi perhatian publik. Adapun berikut ini fakta-fakta menarik dari Burung Kuau Raja.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 01 Nov 2023, 18:07 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2023, 18:04 WIB
Ilustrasi Burung Kuau Raja
Ilustrasi Burung Kuau Raja./ Wikimedia Commons

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru media sosial dihebohkan dengan kemunculan salah satu burung yang telah dinyatakan punah di Indonesia yaitu burung Kuau Raja. Diketahui kemunculan burung tersebut pertama kali melalui sebuah video seorang konten kreator TikTok.

Melalui konten tersebut dinarasikan jika burung Kuau Raja sudah dinyatakan punah karena jarang ditemukan lagi di Indonesia. Adapun seorang YouTuber asal Aceh bernama Jaguar SniperKicau baru saja melakukan penyelamatan burung langka tersebut.

Diketahui pemindahan burung tersebut dilakukan untuk melakukan penyelamatan dan dipindahkan ke lokasi yang lebih layak. Melalui konten tersebut warganet mulai kembali membahas kehadiran burung yang telah dinyatakan punah tersebut.

Sebagai informasi, kanal YouTube tersebut sering membagikan konten-konten terkait satwa liar yang hidup di hutan. Satwa yang lebih banyak ditampilkan dalam kanal YouTubenya pun adalah hewan berupa burung.

Burung Kuau Raja sendiri mempunyai ciri khas pada ekornya yang mempunyai panjang menjuntai indah dengan warna yang kecokelatan. Diketahui burung tersebut diselamatkan karena terjebak di hutan seluas satu hektare yang ada di tengah-tengah permukiman warga dan kebun PT Sawit.

Melalui video tersebut, ia menjelaskan jika pihaknya memasang satu jerat burung Kuau Raja yang sering bermain dekat pedesaan. Hutan tempat burung tersebut tinggal pun sekarang sudah tidak luas karena berada di tengah-tengah antara pemukiman dan suatu perusahaan Sawit.

"Hari ini kita memasang satu jerat burung Kuau Raja yang di mana burung tersebut bermainnya dekat dengan pedesaan. Hutan tempat burung Kuau Raja itu menetapkan tidak luas lagi hutannya," ujarnya.

 


Fakta Menarik Burung Kuau Raja

Burung Kuau di Hutan Adat Guguk
Dua ekor Burung Kuau Raja di Hutan Adat Guguk tertangkap kamera trap(Liputan6.com/http://hutanadatguguk.weebly.com)

Melansir dari Merdeka.com terdapat beberapa fakta-fakta menarik dari Burung Kuau Raja:

1.Tidak Bisa Terbang Jauh

Burung Kuau Raja ternyata tidak bisa terbang jauh dan mempunyai kelebihan lain yaitu bisa berlari dengan cepat. Selain itu burung tersebut juga bisa melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Karena tidak bisa terbang jauh Burung Kuau Raja pada umumnya tidak membuat sarang di atas pohon. Sehingga, sarangnya hanya berada di daratan yang rindang dalam membantunya untuk mencari makanan.

2. Dianggap Bisa Mendeteksi Gempa Bumi

Melansir dari Antara pada 2017 lalu menyebutkan jika Burung Kuau Raja bisa memprediksi terjadinya gempa dan tsunami. Burung ini dipercaya bisa mengetahui akan ada terjadinya gempa besar yang akan terjadi dalam dua hari kemudian.

Meskipun tidak ada penelitian lebih lanjut disebutkan bahwa hewan tersebut mempunyai insting sehingga peka dalam merasakan gempa kecil sebelum adanya gempa besar. Maka dari itu hewan tersebut dianggap bisa mendeteksi gempa karena menunjukan perilaku yang tidak biasa.

3. Termasuk Dalam Maskot

Burung Kuau Raja termasuk kedalam maskot ikon fauna dari Sumatera Barat bersamaan dengan pohon andalas yang menjadi maskot fauna disana. Adapun penetapannya berdasarkan dari Menteri Dalam Negeri Nomor 48 tahun 1989 tentang Pedoman Penetapan Identitas Flora dan Fauna Daerah.

Perlu diketahui burung Kuau Raja juga sempat menjadi maskot untuk perangko seri "Burung Indonesia: Pusaka Hutan Sumatera" pada 15 Juli 2009. Serta pernah menjadi maskot untuk Hari Pers Nasional tahun 2018 yang digelar di Padang, Sumbar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya