Sekjen PSI Ultimatum Caleg yang Tak Pakai Foto Prabowo-Gibran pada Alat Peraga Kampanye

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memerintahkan semua Caleg dari partai yang diketuai oleh Kaesang Pangarep itu memasang background Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam alat peraga kampanye.

oleh M Syukur diperbarui 07 Nov 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2023, 14:00 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni saat berkunjung ke Pekanbaru.
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni saat berkunjung ke Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memerintahkan semua calon legislatif (Caleg) yang digawangi oleh Kaesang Pangarep itu memasang background Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam alat peraga kampanye. Caleg yang kedapatan tidak memasangnya akan dievaluasi.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni saat berkunjung ke Pekanbaru. Pria asal Pekanbaru yang juga menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang itu juga maju sebagai Caleg DPR untuk daerah pemilihan Riau 1.

Raja menyatakan ini sebagai tanggapan masih adanya sejumlah Caleg yang mengedepankan ego memenangkan diri sendiri tanpa memperjuangkan Prabowo-Gibran.

"Untuk ego daerah mudah-mudahan itu bisa diatasi secara bersama oleh partai koalisi, jika menemukan fenomena itu akan dibawa ke rapat Sekjen," kata Raja, Minggu petang, 5 November 2023.

Tidak hanya bagi Caleg PSI saja, Raja berharap ego daerah atau memenangkan diri sendiri agar duduk di legislatif juga dihilangkan oleh Caleg partai koalisi pendukung Prabowo-Gibran.

"Nantinya Caleg diberikan motivasi, edukasi, ini kepada DPW, DPC ataupun provinsi agar Pileg dan Pilpres itu senapas dalam pemenangan," kata Raja.

Untuk peluang kemenangan pasangan Prabowo-Gibran di Riau, Raja belum bisa memastikan karena tidak memegang survei daerah soal itu. Namun secara survei nasional, Prabowo-Gibran sangat berpeluang.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembentukan TKD

Raja menyebut Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran segera dideklarasikan. Setiap Sekjen partai koalisi bakal menjadi wakil ketua.

"Saya menjadi Wakil Ketua TKN bersama Sekjen partai koalisi lainnya," katanya.

Usai TKN, partai koalisi segera membentuk Tim Kampanye Daerah (TKD). Tim daerah ini diharap mengerti politik lokal, tren masyarakat lokal dan solid.

"Kalau semuanya solid, Prabowo-Gibran bisa menang di Riau," kata Juli.

Sebagai informasi, Prabowo saat maju sebagai calon presiden pada tahun 2019 meraih kemenangan di Riau. Prabowo memperoleh 50 persen lebih suara dibandingkan lawannya saat itu, Joko Widodo.

Belum diketahui apakah peluang Prabowo masih serupa dengan tahun 2019. Pasalnya, saat ini pesaingnya berbeda yaitu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya