Fenomena Lompat Pagar, Makin Banyak Politisi Tinggalkan Etika?

Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina pindah ke Partai Gerindra tanpa berpamitan kepada Partai Nasdem yang sudah mendudukkannya sebagai Wakil Gubernur.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 20 Des 2023, 20:12 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 19:34 WIB
Wagub kepri
Wagub Kepri Marlin Agustina Rudi saat meninjau bencana Puting beliung di Pulau Kasu, kota Batam bersama Muhamad Rudi Walikota Batam yang Juga Ketua DPW Partai Nasdem Kepri. Foto: liputan6.com/ajang nurdin 

Liputan6.com, Batam - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina Rudi diam-diam lompat pagar ke Partai Gerindra. Marlin menjadi  Wakil Gubernur Kepri diusung Partai Nasdem, dan menjelang habis masa jabatannya ia masuk tim kampanye daerah (TKD) Prabowo Gibran di Provinsi Kepri. Dari sinilah perpindahan keanggotaan itu bermula.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan Usaha Kecil Menengah (GARPU), organisasi sayap partai Nasdem Pietra Paloh menanggapi kepindahan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi ke Partai Gerindra.

Pietra Paloh mengatakan kepindahan Marlin ditandai dengan mengantongi KTA dari Partai Gerindra Provinsi Kepri.

"Secara otomatis, kalau sudah mengantongi KTA partai lain bukan lagi keluarga besar Partai Nasdem," kata Pietra, Rabu (20/12/2023).

Pietra mengaku sejauh ini belum mendapat informasi dari DPP terkait hal ini. Ia sendiri juga sibuk kampanye calon presiden yang diusung oleh Partai Nasdem yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin).

"Kalau soal pamit, saya belum mendengar. Bisa jadi sudah tapi saya yang belum dapat informasi atau ada surat soal pengunduran diri atau lainnya," katanya.

Ia menegaskan kepindahan Marlin Agustina Rudi yang sekarang menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri terhadap elektabilitas partai, menurutnya tidak terlalu berpengaruh.

"Masyarakat sudah dewasa, dan bisa menentukan pilihan," katanya.

Menurutnya siapapun dalam dunia politik yang berpindah, wajib dihormati. Karena itu menyangkut hak politik.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kepri Kamaludin menyatakan belum mengetahui kepindahan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi ke Partai Gerindra. 

"Saya belum tahu kepastiannya. Karena tidak ada kata pamitan," kata Kamal di Kantor DPRD Kota Batam.

Beredarnya Kartu Tanda Anggota (KTA) Marlin di Gerindra, Kamal tampak terkejut. Ia mengaku tidak mengetahuinya.

"KTAnya di Gerindra? Kapan? Mana buktinya? Saya tak tahu," kata Kamal.

Sampai saat ini tidak ada laporan tentang kader yang menyebrang. Namun ia menegaskan kepindahan Marlin tak berpengaruh terhadap elektabilitas Partai.

"Belum ada pamitan. Saya tak tahu," katanya.

Sebelumnya Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Kepri Capt Luther Jansen membenarkan Marlin Agustina telah bergabung dengan Partai Gerindra.

"Iya benar, kartu tanda anggota (KTA) yang beredar itu milik Bu Marlin Agustina," kata Captain.

Capt Luther mengungkapkan bahwa Marlin Agustina sebelumnya telah resmi bergabung dengan Gerindra tiga bulan lalu, dan KTA-nya sudah terverifikasi pada periode tersebut. 

Terkait statusnya sebagai kader atau bukan dari partai lainnya, Partai Gerindra menegaskan bahwa hal itu bukanlah fokus utama, yang terpenting adalah dukungan untuk Prabowo-Gibran.

"Apakah kader atau bukan, bukanlah urusan utama kami saat ini. Yang jelas, sekarang Bu Marlin adalah kader Gerindra, dan kami akan memberikan perhatian penuh terhadap kontribusinya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya