Ternyata Bukan Asep, Ini Nama yang Paling Banyak Dipakai Masyarakat Purwakarta

Kabupaten Purwakarta, ternyata menyimpan fakta unik yang bisa dikupas. Termasuk di antaranya mengenai nama yang paling banyak digunakan.

oleh Asep Mulyana diperbarui 27 Des 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 27 Des 2023, 05:00 WIB
Ternyata Bukan Asep, Ini Nama yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat Purwakarta
Taman Sri Baduga merupakan salah satu ikon yang menggambarkan Kabupaten Purwakarta. Foto (Liputan6.com/Asep Mulyana)

Liputan6.com, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta, merupakan daerah kecil kedua di Jawa Barat. Luas wilayah ini, hanya 971 KM² dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Yakni, terdiri dari 506.679 jiwa laki-laki dan 494.659 jiwa perempuan.

Membahas Kabupaten Purwakarta, ternyata banyak fakta menarik yang bisa dikupas lebih dalam. Misalnya, dari mulai soal sektor wisatanya, kuliner khasnya, hingga potensi perkebunan dan pertanian yang ada di wilayah ini.

Namun, yang akan dibahas kali ini bukan soal hal yang disebutkan di atas, melainkan, fakta menarik soal kependudukan yang ada di wilayah tersebut. Sebut saja di antaranya, mengenai nama penduduk terbanyak yang tercatat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta.

Pasti banyak yang belum tahu kan nama yang paling banyak digunakan oleh penduduk Kabupaten Purwakarta. Mungkin banyak yang beranggapan jika Asep, Euis, atau Ujang adalah nama yang paling hits di wilayah itu.

Ternyata salah, faktanya justru nama Nurhayati yang tercatat lebih mendominasi. Dari data yang ada dinas terkait, warga yang menggunakan nama Nurhayati di Kabupaten Purwakarta itu sebanyak 1.251 orang.

Selain nama Nurhayati, ternyata ada juga 9 nama paling hits yang banyak digunakan masyarakat di wilayah ini. Masing-masing, nama Aisah sebanyak 970 orang, Aminah 893 orang, Endang 858 orang, Yayah 845 orang, Siti Aisyah 802 orang, Saepudin 793 orang, Anah 781 orang, Mimin 780 orang, dan Wahyudin 777 orang.

Sementara itu, selain 10 top nama terbanyak dari penduduk Kabupaten Purwakarta, Disdukcapil setempat juga mencatat hari lahir terbanyak.

Dari data yang ada, penduduk Kabupaten Purwakarta paling banyak lahir di hari Senin dengan jumlah 132.811 jiwa. Adapun warga yang lahir hari Minggu, jumlahnya paling sedikit, yakni mencapai 129.986 jiwa.

Selain hari lahir, ada juga catatan mengenai tanggal lahir terbanyak di Kabupaten Purwakarta. Pertama, yang lahir di 1 Januari ternyata yang paling banyak dengan total 9.789 jiwa.

Nah, coba colek teman atau saudara kalian, siapa tahu mereka masuk di salah satu top 10 nama terbanyak atau terhits itu.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya