Nasib 2 Kades di NTT yang Unggah Foto Bareng Caleg di Medsos

Keduanya mendapat peringatan keras lantaran mengunggah foto bersama seorang calon legislatif (Caleg) DPR RI di akun Facebook

oleh Ola Keda diperbarui 28 Des 2023, 04:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 04:00 WIB
Ketua Bawaslu Flores Timur, Ernesta Katana (Liputan6.com/Ola Keda)
Ketua Bawaslu Flores Timur, Ernesta Katana (Liputan6.com/Ola Keda)

Liputan6.com, Kupang - Dua kepala desa (Kades) di Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat teguran keras dari Bawaslu Flotim, karena diduga tidak menjaga netralitas Pemilu 2024.

Dua kepala desa itu yakni, MM selaku Kades Desa Motonwutun, Kecamatan Solor Timur, dan Kades Tanah Werang, ASL.

Keduanya mendapat peringatan keras lantaran mengunggah foto bersama seorang calon legislatif (Caleg) DPR RI di akun Facebook.

Ketua Bawaslu Flores Timur, Ernesta Katana mengatakan dua kades itu kini sudah menghapus foto profil di Facebook usai diberi peringatan.

"Kita terapkan aspek pencegahan, karena posting foto profil bersama caleg," katanya, Rabu 27 Desember 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Hindari Unsur Ajakan Pilih Caleg Tertentu

Ernesta menjelaskan, meski tidak ada unsur mengajak dan menggunakan akun medsos pribadi, namun jabatannya sebagai kepala desa tetap melekat.

Menurutnya, postingan di ruang publik virtual seperti itu dapat menimbulkan penafsiran bahwa ada unsur keberpihakan terhadap caleg tertentu.

"Masih banyak yang belum memahami soal netralitas itu seperti apa. Biar media pribadi dan masih hubungan keluarga, tapi jabatan selalu melekat," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya