Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Yogyakarta, Seru dan Menarik

Bukan rahasia lagi jika Yogyakarta memiliki tempat-tempat bersejarah yang seru untuk ditelusuri sambil menunggu waktu berbuka tiba.

oleh Tifani diperbarui 15 Mar 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2024, 16:00 WIB
[Bintang] Alun-Alun Kidul, Yogyakarta
Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. (Andy Masela/Bintang.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan budaya dan sejarah. Saat Ramadan, kota ini semakin semarak dengan berbagai kegiatan dan tempat menarik untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu azan Magrib saat tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika ngabuburit di Yogyakarta, mulai dari jalan-jalan mengelilingi kota, mencari takjil, bercengkrama, bermain, dan masih banyak lagi.

Bukan rahasia lagi jika Yogyakarta memiliki tempat-tempat bersejarah yang seru untuk ditelusuri sambil menunggu waktu berbuka tiba. Berikut rekomendasi tempat ngabuburit Yogyakarta yang seru dan menarik.

1. Alun-alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau Alkid menjadi tempat favorit bagi warga Yogyakarta untuk ngabuburit. Sambil bersantai di pelataran alun-alun, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sekitar Keraton Yogyakarta dan menanti adzan Maghrib berkumandang.

Ada banyak jajanan yang dijajakan di sekitar Alkid. Jajanan di Alkid tergolong murah meriah, mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000.

2. Masjid Gedhe Kauman & Alun-Alun Utara

Masjid Gedhe Kauman beberapa tahun terakhir menjadi tempat yang cukup populer untuk dikunjungi saat Ramadan. Selain berseberangan dengan Alun-Alun Utara, tempat itu juga tak jarang menjadi tempat berburu takjil.

Kamu bisa mengunjungi masjid tersebut setelah berkeliling di alun-alun. Jika sudah lelah, pengunjung bisa istirahat sambil menunggu waktu berbuka puasa di masjid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Titik Nol Kilometer

3. Titik Nol Kilometer

Selain menjadi titik patokan penentu jarak antar daerah di Yogyakarta, Titik Nol Kilometer menjadi salah satu tempat ikonik yang acap kali dijadikan tempat berfoto wisatawan. Kamu bisa ngabuburit sambil mengambil banyak gambar untuk melupakan rasa lapar.

Lokasi tersebut juga ramai dikunjungi kawula muda untuk sekadar hangout atau melakukan berbagai kegiatan lain. Jangan khawatir soal jajanan, di tempat tersebut banyak yang menjual cemilan untuk mengisi perut saat waktu buka telah tiba.

4. Kampung Ramadan Jogokariyan

Kampung Ramadan Jogokariyan adalah salah satu tempat ngabuburit favorit warga Yogyakarta dan sekitarnya. Kampung ini terletak di dekat masjid Jogokariyan.

Di sini pengunjung bisa menikmati suasana Ramadan yang berbeda sembari berburu takjil untuk berbuka puasa.

5. Pasar Sore Kauman

Pasar Sore Kauman adalah salah satu pasar Ramadan tertua di Yogyakarta. Pasar Ramadan ini sudah digelar sejak 1980-an.

Pasar ini berada di gang sempit di daerah Kauman yang merupakan pemukiman tua dengan arsitektur kampung yang masih didominasi bangunan lawas. Di sini pengunjung bisa menemukan bermacam-macam jajanan lezat yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa, seperti pepes, kicak, setup jambu, dan lain-lain.

6. Masjid Agung Kotagede

Tempat ngabuburit di Yogyakarta selanjutnya adalah Masjid Agung Kotagede. Masjid Agung Kotagede atau Masjid Mataram Kotagede mulai dibangun pada 1571 hingga 1601 atau pada masa pemerintahan Panembahan Senopati.

Namun, beberapa sumber lainnya menyebutkan masjid ini dibangun Sri Sultan Hamengku Buwana I. Area masjid ini banyak berornamen Jawa seperti ukir-ukiran bermotif sulur daun.

Selain itu, banyak pohon yang tumbuh di pelataran masjid ini, sehingga suasana tempat bersejarah ini cukup sejuk. Di kompleks Masjid Agung Kotagede ini juga ditemukan area makam yang dikelola Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta.

Pengunjung dapat berjalan-jalan disektar masjid yang memiliki arsitektur unik ini. Di sekitar tempat ini juga banyak bangunan lawas yang sangat estetik untuk menjadi tempat berfoto.

Tak pelu khawatir, ada banyak jajanan yang dijajakan di sekitar masjid Agung Kotagede.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya