Pilkada Cilegon Memanas, Petahana Serta Pesaing Berebut Parpol yang Sama

Pilkada Cilegon memanas, incumbent dan pesaing daftar di partai yang sama. Petahana, Helldy Agustian, bacawalkot yang diusung Gerindra.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 07 Mei 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 13:00 WIB
Helldy Agustian (pojok kiri) Calon Petahana Pilkada Cilegon, Mendaftar di Nasdem. (Senin, 06/05/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Helldy Agustian (pojok kiri) calon petahana Pilkada Cilegon, mendaftar di Nasdem. (Senin, 06/05/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Liputan6.com, Cilegon - - Pilkada Cilegon memanas, incumbent dan pesaing sama-sama mendaftar di partai yang sama. Petahana, Helldy Agustian, bacawalkot yang diusung Gerindra, sekaligus partai yang dipimpinnya di Kota Cilegon, mendaftarkan diri ke PKB dan Nasdem.

"Hari ini kita, alhamdulillah mengembalikan (formulir pendaftaran). Bukti bahwa kami sangat menghargai dengan adanya pembukaan dari temen-temen Nasdem. (Daftar di) Dua (partai) ya, satu PKB dengan Nasdem," ujar Helldy Agustian, di kantor Nasdem Cilegon, Senin, (6/5/2024).

Helldy Agustian merupakan calon inchumbent yang saat ini masih menjabat sebagai Wali kota Cilegon. Saat mencalonkan diri dahulu, dia diusung oleh Partai Berkarya, sekaligus dirinya menjabat sebagai Ketua DPW Berkarya Banten. Kini, dia menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Kota Cilegon.

Helldy Agustian menyerahkan ke Nasdem, partai besutan Surya Paloh itu guna memberikan rekomendasinya. Meski begitu, dia memiliki sejarah panjang dengan partai tersebut, karena Helldy pernah ikut serta membangun Nasdem di Kota Cilegon saat berstatus sebagai organisasi masyarakat (ormas). Mantan sales mobil yang menjadi Wali kota Cilegon itu menyambut baik banyaknya calon walikota yang bermunculan.

Sebut saja Isro Mi'raj dari Golkar sekaligus Ketua DPRD Cilegon, Robinsar dari Golkar, Dede Rohana Putra sebagai anggota DPRD Banten dari PAN, hingga Alawi Mahmud dari PAN. "Banyak putra putri yang ingin membangun Cilegon. Gerindra masih tujuh kursi, meskipun kurang nya satu. (Kriteria wakil) menurut saya kriterianya nanti lah, jangan dibuka sekarang," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perlawanan Untuk Petahana

Dede Rohana Putra, Politis PAN yang Melawan Petahana, Helldy Agustian, Mendaftar di Nasdem. (Senin, 06/05/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Dede Rohana Putra, Politis PAN yang Melawan Petahana, Helldy Agustian, Mendaftar di Nasdem. (Senin, 06/05/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Disisi lain, Dede Rohana Putra, Bacawalkot Cilegon dari PAN, mengaku hingga saat ini tidak ada komunikasi khusus dengan Helldy Agustian. Keduanya telah mendaftarkan diri secara resmi ke Partai Nasdem sebagai Bacawalkot Cilegon di hari yang sama, Senin 6 Mei 2024. Pria yang memiliki moto Cilegon Berwarna itu mengatakan bahwa pertemuan dia dengan Helldy hanya dalam acara resmi saja.

"Alhamdulillah berkas diterima, dinyatakan lengkap dan ada tahapan berikutnya. Dengan petahana saya tidak ada komunikasi khusus," ujar Dede Rohana Putra, di lokasi yang sama, Senin (6/5/2024).

Sementara itu Dede Rohana Putra juga mendaftar di partai yang sama dengan Helldy Agustian, PKB dan Nasdem. Dia tidak memiliki kriteria khusus untuk pendampingnya, asal bisa bekerja sama dan saling membantu. "Boleh dari partai dan non partai. (Arti moto) Cilegon berwarna itu kota yang harus lebih indah, lebih maju, lebih kebersamaan, kolaborasi, sinergi," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya