Profil dan Perjalanan Karier Jirayut, Artis Kelahiran Thailand yang Bersinar di Indonesia

Nama penyanyi dangdut dan presenter Jirayut baru-baru ini jadi sorotan publik. Berikut profil dan perjalanan karier pria asal Thailand ini bisa bersinar di dunia hiburan Indonesia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 09 Mei 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2024, 09:00 WIB
Jirayut
Jirayut (Foto: YouTube/ VINDES)

Liputan6.com, Bandung - Penyanyi dangdut sekaligus presenter Jirayut akhir-akhir ini kembali jadi sorotan publik khususnya masyarakat Indonesia. Diketahui nama Jirayut semakin dikenal luas di dunia hiburan Indonesia karena sosoknya yang menghibur dan selalu positif.

Pria asal Thailand tersebut dikenal sebagai artis Indonesia setelah mengikuti ajang Dangdut Academy Asia Musim 4. Meskipun tidak jadi juara Jirayut ternyata berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia sebagai presenter.

Sejak sukses dari Dangdut Academy Asia Musim 4, Jirayut mulai mengisi banyak program televisi di Indonesia. Bahkan pria berusia 23 tahun tersebut sudah memiliki beberapa single lagu yang dirilisnya.

Jirayut baru-baru ini jadi perhatian warganet setelah menceritakan perjalanannya menjadi artis dalam sebuah acara di YouTube Vindes. Kemudian Jirayut juga menyebutkan keinginannya untuk mengembangkan karier di negara asalnya Thailand.

Namun sayangnya saat ini sosok Jirayut belum jadi perhatian dunia hiburan Thailand. Menurutnya saat ini Jirayut belum mendapatkan perhatian dari hiburan Thailand dan menilai kariernya belum terlalu luas.

“Mungkin belum terlalu lebar juga gitu. Jadi ya nunggu aja kali ya siapa tahu ada rezeki,” kata Jirayut.

Kemudian Jirayut juga menceritakan bahwa kesuksesannya saat ini di Indonesia belum diberitakan oleh media televisi di negara asalnya. Namun terlepas dari media televisi kabar kesuksesan Jirayut telah tersebar di media sosial.

“Untuk masuk media belum ya tapi kalau untuk media sosial udah banyak tapi kalau untuk TV belum,” jawabnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berasal Dari Desa Pelosok

9 Potret Aksi Jirayut di Laga Pembuka Fun Volley Ball 2024, Jadi MVP
Jirayut (Sumber: Kapanlagi.com)

Pada kesempatan yang sama Jirayut sempat berkecil hati dan menduga bahwa negara asalnya tidak menyorotnya karena berasal dari daerah di pelosok yang jauh dari kota. Diketahui Jirayut sendiri berasal dari kota Narathiwat.

“Nah, aku juga heran kenapa ya. Ini aku kecil hati ya, mungkin karena aku orang Narathiwat atau mungkin karena aku orang pelosok jadi kayak udahlah gitu aja dicuekin,” ucap Jirayut.

Sebagai informasi Narathiwat merupakan daerah yang berlokasi di Provinsi Selatan Thailand. Kota ini justru dekat dengan negara Malaysia karena menjadi provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Secara geografis 75 persen wilayahnya terdiri dari hutan hingga pegunungan beriklim tropis. Sementara jarak dari Narathiwat menuju pusat kota Thailand yaitu Bangkok berjarak sekitar 1.140 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 16 jam perjalanan.


Profil Jirayut

Sukses Berkarir di Indonesia, Ini Potret Dapur Rumah Jirayut yang Bergaya Minimalis dan Sederhana
Potret Jirayut Afisan (Sumber: Instagram/jirayutdaa4official)

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber Jirayut memiliki nama lengkap Jirayut Afisan Jehdueramae. Jirayut lahir pada tanggal 24 Februari 2001 di Distrik Su-ngai Padi, Narathiwat, Thailand.

Saat ini Jirayut dikenal sebagai seorang penyanyi dangdut, presenter, aktor, pemeran, dan konten kreator. Jirayut juga memiliki kesuksesan yang cukup besar di dunia hiburan Indonesia dan telah aktif tampil di sejumlah program televisi.

Jirayut merupakan anak ketiga dari empat bersaudara dari orang tua bernama Sman Jehdueramae dan Amalina Hayati. Jirayut mempunyai dua orang kakak bernama Amilia Jehdueramae dan Arfan Jehdueramae serta satu adik bernama Anisa Jehdueramae.

Pria berusia 23 tahun ini menghabiskan masa kecilnya di Narathiwat, Thailand dan tinggal bersama neneknya. Pasalnya orang tua Jirayut telah berpisah sejak ia berumur sepuluh tahun dan sang ibu bekerja di Malaysia dan tinggal dengan kakak serta adiknya sementara ayahnya berdomisili di Bangkok.


Perjalanan Karier Jirayut

jirayut
(Sumber: Instagram @jirayutdaa4official)

Jirayut memulai kariernya di dunia hiburan Indonesia dengan mengikuti audisi D’Academy Asia Musim 4. Saat itu acara D’Academy Asia Musim 4 ditayangkan di salah satu stasiun televisi pada tahun 2018.

Melalui acara Vindes Jirayut bercerita bahwa ia sempat ingin menyerah untuk mengikuti audisi tersebut. Pasalnya Jirayut tinggal di Narathiwat, Thailand dan jauh dari perkotaan sehingga ia harus menaiki kendaraan.

Jirayut yang tidak memiliki kendaraan merasa kesulitan untuk mengunjungi audisi namun berkat bantuan guru di sekolahnya pria berusia 23 tahun tersebut diantarkan untuk mengikuti audisi.

Sejak audisi tersebut Jirayut berhasil lolos dan terbang ke Indonesia untuk bersaing dengan peserta lainnya. Namun sayangnya pada babak sepuluh besar posisi Jirayut harus tersingkirkan.

Meskipun gagal jadi juara pesona Jirayut ternyata menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dia mulai dipercaya sebagai presenter di acara yang sama dan sejak itu namanya terus bersinar dan kerap tampil di berbagai program acara televisi Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya