Sang Juara Menunggang Bandros, Pawai Persib Bandung Disambut Gemuruh Bobotoh di Jalan Djunjunan

Para pemain mengukuhkan arak-arakan juara itu dengan membawa serta trofi piala Liga 1.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 01 Jun 2024, 20:16 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 20:01 WIB
Pawai Persib Juara
Pawai Persib Juara melintasi Jalan Djunjunan, Kota Bandung, Sabtu, 1 Juni 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Bandung - Tim Persib Bandung akhirnya melintas di Jalan Terusan Pasteur, Kota Bandung. Gemuruh ribuan bobotoh pun menggema menyambut kedatangan Sang Juara Liga 1 musim 2023/2024 itu.

Para punggawa Persib menunggang kendaraan Bandros (Bandung Tour on Bus) berwarna biru. Mereka tiba di Jalan Terusan Pasteur, tepatnya Djunjunan Nomor 59, wilayah Sukamulya, sekira pukul 16.00 WIB.

Sejak pukul 12.00 WIB, lokasi pantauan Liputan6.com tersebut telah membiru dipadati ribuan bobotoh. Lalu Lintas beberapa kali lumpuh sebab bobotoh berhenti untuk bernyanyi bersama-sama atau meraung-raung knalpot.

Terlihat beberapa pemain Persib berdiri di atas Bandros di antaranya adalah Ciro Alves, Stefano Beltrame, Achmad Jufriyanto, hingga yang juga sangat dielu-elukan bobotoh yakni David da Silva. Tak luput, sang pelatih Bojan Hodak.

Para pemain mengukuhkan arak-arakan juara itu dengan membawa serta trofi piala Liga 1. Dalam beberapa kesempatan, piala berwarna emas itu diangkat tinggi-tinggi oleh pemain Persib, seketika teriakan "juara" pun digemakan ribuan bobotoh.

Ketika rombongan pemain Maung Bandung itu melintas, bobotoh menyemut, melemparkan lambaian tangan diiringi nyanyian dan sulutan flare. Penantian bobotoh menunggu gelar juara selama sedekade pun seolah terbayar purna.

Menurut informasi yang disampaikan ofisial Persib, rombongan arak-arakan telah tiba di kawasan Pasteur sejak pukul 14.30 WIB, sempat tertahan karena arus lalu lintas macet.

Berdasarkan rute arak-arakan yang direncanakan sebelumnya, dari Jalan Djunjunan rombongan terus melaju ke menuju Jl. Pasirkaliki, selanjutnya menuju Jl. Pajajaran - Jl. Wastukencana - Jalan Riau, hingga berakhir di Gedung Sate.

Persib Bandung menjadi juara Liga 1 setelah menegaskan kemenangan atas Madura United dengan hasil pungkas 1-3 (agregat 1-6) di Stadion Bangkalan, Jawa Timur, Jumat malam (31/5/2024).

Kemenangan itu disambut gempita ribuan bobotoh yang nobar di Gedung Sate, Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Malam menjadi merah dibakar kobaran flare, kembang api dan seru teriakan kemenangan.

Sebelumnya, pihak kepolisian dan pemerintah daerah mengimbau warga Kota Bandung, juga wisatawan dari daerah lain untuk mengantisipasi kemacetan dengan menghindari sejumlah ruas jalan jika memungkinkan.

Jika tidak memungkinkan, masyarakat diminta untuk bersabar dan memaklumi momentum yang telah ditunggu bobotoh sedekade ini.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta maaf kepada pengunjung Bandung karena animo bobotoh tidak bisa ditahan, karena sudah menunggu 10 tahun," kata Pj Gubernur Jawa Barat, Jumat malam, 31 Mei 2024.

Bey mengatakan, tim Persib Bandung akan melakukan pawai kemenangan di atas mobil wisata khas Bandung, Bandros. Pawai tersebut direncanakan dimulai dari pukul 14.00 - 16.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pawai Persib Juara
Pawai Persib Juara melintasi Jalan Djunjunan, Kota Bandung, Sabtu, 1 Juni 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengimbau para bobotoh yang menyambut kedatangan Persib Bandung tetap menjaga ketertiban dan keamanan.

"Saya mengimbau kepada semua Bobotoh Persib manakala kita menyambut kedatangan para pemain Persib. Saya imbau jaga keamanan jaga ketertiban, jaga kondusifitas, cintai Bandung," kata Bambang secara tertulis.

Bambang menyebut gelar juara yang didapat Persib Bandung setelah menunggu 10 tahun lamanya, tentunya memberikan prestasi dan euforia yang biasa bagi masyarakat kota Bandung maupun Jawa Barat.

"Saya imbau, jaga ketertiban. Kita senang, kita Ekspresikan kesenangan kita untuk menyambut kedatangan para pemain Persib. Tetapi sekali lagi saya imbau jaga ketertiban, jaga keamanan kita harus memberikan contoh yang baik," ujarnya.

Bambang pun memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para pemain Persib Bandung yang telah berhasil meraih gelar juara Liga 1 Tahun 2024.

"Saya berikan apresiasi ya atas kemenangan Persib luar biasa setelah 10 tahun menunggu kita 2014 terakhir dan ternyata 2024 kita bisa raih kembali," ungkapnya.

"Tentunya ini menjadi sebuah pemacu untuk kita bisa mempertahankan semua. Sekali lagi selamat Persib telah menjadi juara Liga 1 Tahun 2024," imbuhnya.

 

Pawai Persib Juara
Pawai Persib Juara melintasi Jalan Djunjunan, Kota Bandung, Sabtu, 1 Juni 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Tokoh bobotoh yang juga pengamat hukum olahraga nasional, Eko Noer Kristyanto alias Eko Maung mengatakan, skor pertandingan antara Madura United vs Persib Bandung di luar dugaan. Menurutnya, pertandingan tersebut menjadi pertandingan final termudah bagi Persib Bandung.

Persib Bandung diketahui menjadi juara Liga 1 setelah menegaskan kemenangan atas Madura United dengan hasil pungkas 1-3 (agregat 1-6) di Stadion Bangkalan, Jawa Timur, Jumat malam (31/5/2024).

"Saya pikir ini di luar dugaan, Persib tampak enjoy menganggap leg kedua adalah pertandingan yang sama dengan pertandingan lainnya. Ini terlalu mudah, ya, seperti merebut permen dari genggaman seorang bayi. Setiap persib masuk final. ini yang termudah saya pikir," katanya saat diwawancara Liputan6.com.

Terkait bobotoh yang tumpah ke jalanan, Eko menegaskan bahwa hal itu merupakan sebuah bentuk euforia kemenangan. Tidak hanya di Bandung, tapi juga daerah lain di Jawa Barat secara umum.

"Saya belum bisa pulang karena kota bandung lumpuh, macet total. Iya ini euforia, bukan Kota Bandung aja sih tapi di Jawa Barat. Teman-teman saya di Sumedang, Subang, Cianjur, Sukabumi, banyak banget nobar di kota mereka," kata Eko.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya