Bakal Maju di Pilkada Jabar, Ilham Habibie Ingin Cawagub Orang Sunda

Menurut pria kelahiran Jerman, 16 Mei 1963, itu kriteria utama yang ideal untuk menjadi pasangannya adalah orang Sunda.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 01 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 17:00 WIB
Dua Perusahaan Italia Siap Gabung Bangun Pesawat R80
Komisaris PT Regio Aviasi Industri Ilham Habibie saat sesi foto di samping Replika Pesawat R80 seusai melakukan penandatanganan Partneship Agreement dengan investor R80, Jakarta, Kamis (22/2). (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Bandung - Ilham Habibie diketahui telah dideklarasikan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024 (Pilgub Jabar). Putra Presiden RI ke-3 itu, mengungkapkan kriteria soal kriteria calon wakilnya.

Menurut pria kelahiran Jerman, 16 Mei 1963, itu kriteria utama yang ideal untuk menjadi pasangannya adalah orang Sunda.

"Menurut saya yang sangat penting adalah dia adalah orang Sunda," katanya kepada wartawan di Bandung, Sabtu, 29 Juni 2024.

Alasannya, kata Ilham, jika berdampingan dengan orang Sunda, diandaikan pasangannya itu akan lebih paham pada hal-hal yang lebih bersifat kultural.

Meski cukup lama tinggal di daerah Jawa Barat, Ilham mengaku masih harus banyak belajar, khususnya soal kultur Sunda.

"Yang bersangkutan akan lebih mengerti hal-hal yang lebih mendalam daripada saya, karena saya masih harus belajar," katanya. "Jadi, pendamping alangkah baiknya orang Sunda," imbuhnya.

Di samping itu, Ilham mengaku siap jika pada perkembangannya justru ia menjadi calon wakil gubernur bukan sebagai calon gubernur.

"Kalau itu hasil dari proses, saya siap," kata dia. "Pada prinsipnya saya berkeingian untuk Jabar 1 (calon gubernur)," tandas Ilham.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Naik Seperti Meteor

Sebelumnya dalam pemberitaan Liputan6.com, Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan, elektabilitas Ilham Akbar Habibie yang bakal diusung di Pilgub awa Barat mengalami peningkatan signifikan. Dia  menyebut, respon publik positif terhadap putra Presiden ketiga RI BJ. Habibie itu cukup bagus.

"Sekarang temen-temen bisa lihat gimana kenaikan signifikan dari pak Ilham di Jawa Barat, seperti meteor naiknya signifikan, ini belum sebulan ya tapi kenaikannya sangat signifikan. Artinya respons publik positif, dan progresif," kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

"Tentu ini menjadi modal yang kuat bagi Pak Ilham sendiri dalam kontestasi Pilkada di November nanti," sambungnya.

Willy menyebut, belum ditentukan siapa yang akan mendampingi Ilham Habibie di Jawa Barat. NasDem masih membangun komunikasi politik dengan partai-partai lain.

"Belum, masih berkomunikasi, masih dialog untuk kemudian siapa yang nanti mendampingi atau bersama-sama dengan Pak Ilham," kata Willy.

Dia melanjutkan, NasDem sangat intensif membuka komunikasi dengan PKS. NasDem juga bakal berkomunikasi dengan PKB untuk membentuk poros koalisi yang mengusung Ilham Habibie.

"Insyaallah nanti kita akan komunikasi ya, dengan beberapa partai lain kita juga akan komunikasi tapi setidaknya dengan PKB juga komunikasi, ini ya ada sebuah mutiara yang bagus gitu ya, yang kita tawarkan," ucap Willy. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya